PUBG Mobile Punya Mekanisme Anti-Cheat Baru

Kompas.com - 15/07/2020, 16:06 WIB
PUBG Mobile berjalan di Galaxy S20 Ultra. KOMPAS.com/Bill ClintenPUBG Mobile berjalan di Galaxy S20 Ultra.

KOMPAS.com - Tak sedikit pemain PUBG Mobile yang menghalalkan berbagai cara untuk meraih chicken dinner. Salah satunya adalah melakukan kecurangan lewat Spectate Mode (mode penonton).

Untuk melakukan kecurangan ini, pemain umumnya akan menggunakan dua buah ponsel berbeda dalam satu kali pertandingan.

Satu ponsel digunakan sebagai akun utama. Akun ini nantinya yang akan dimainkan secara normal oleh pemain. Sementara satu ponsel lainnya akan berfungsi sebagai akun pengintai.

Akun pengintai ini akan diatur menjadi Spectator (penonton) dan menggunakan plug-in x-ray vision, sehingga dapat memberikan pantauan yang jelas pada area pertandingan.

Dengan demikian, pemain dapat mengetahui posisi dan lokasi musuh secara lewat ponsel lain yang bertindak sebagai Spectator tersebut.

Pengembang PUBG Mobile, Tencent, juga mengatakan bahwa banyak pemain yang menggunakan cara ini untuk mengawasi pergerakan musuh.

Baca juga: Turnamen Internasional PUBG Mobile Ditunda Gara-gara Masalah Login

Untuk mengantisipasi cara curang tersebut, pihak PUBG Mobile menerapkan mekanisme anti- cheat baru pada Spectate Mode.

Sistem baru ini dapat membuat pemain yang berada dalam mode Spectator, menyaksikan situasi dan sudut pandang yang serupa dengan apa yang dilihat oleh pemain aktif.

Dengan demikian, pemain tak lagi dapat memanfaatkan mode ini untuk memantau lokasi serta pergerakan musuh.

Tencent juga mengklaim bahwa mekanisme ini akan memantau data secara real-time. Sehingga, pemain tak lagi bisa memodifikasi data game menggunakan plug-in tambahan.

Dirangkum KompasTekno dari Gadget 360, Selasa (14/7/2020), Tencent juga telah menangani trik curang one-shot-kill yang bisa membunuh pemain lain secara instan.

Demi menjaga game tetap dalam lingkungan persaingan yang sehat, Tencent mengaku tak segan untuk menghukum para pemainnya.

Baca juga: PUBG Mobile Dapat Peta Eksklusif Livik, Apa Istimewanya?

Lebih lanjut, pengembang game asal China itu mengancam bakal menon-aktifkan (ban) akun hingga 10 tahun lamanya bagi pemain yang kedapatan menggunakan cheat.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X