Mozilla Rilis Aplikasi VPN Berlangganan

Kompas.com - 17/07/2020, 08:02 WIB
Ilustrasi Mozilla VPN. MozillaIlustrasi Mozilla VPN.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Setelah hadir dalam versi beta beberapa bulan lalu, pembuat browser Firefox, Mozilla, akhirnya resmi merilis layanan virtual private network ( VPN) berbasis aplikasi besutannya kepada pengguna umum secara luas. 

Dinamai Mozilla VPN, aplikasi tersebut saat ini sudah tersedia dan bisa dijajal oleh sejumlah pengguna Windows 10, Android, dan iOS tanpa harus memasang peramban (browser) Firefox. Ketersediaan di MacOS dan Linux disebut bakal menyusul di kemudian hari.

Nah, untuk menikmati layanan VPN dari Mozilla ini, pengguna harus berlangganan dengan merogoh kocek 4,99 dolar AS atau sekitar Rp 72.000 per bulan. Dengan banderol harga tersebut, apa saja yang ditawarkan Mozilla VPN?

Baca juga: VPN Cloudflare Warp Akhirnya Resmi Dirilis

Sebagaimana layanan VPN pada umumnya, Mozilla VPN, yang konon telah diuji coba selama hampir satu tahun, menawarkan beragam fitur yang diklaim mampu melindungi privasi, identitas, serta data pengguna ketika berselancar di dunia maya.

Salah satunya adalah protokol keamanan WireGuard teranyar yang dirancang dengan hanya 4.000 baris kode, jauh lebih sedikit dibandingkan platform VPN lain yang biasanya dibuat dengan puluhan hingga ratusan ribu baris kode. 

Dengan baris kode yang bisa dibilang ringkas itu, pihak Mozilla mengklaim bahwa pengguna bisa menikmati pengalaman menjelajah dunia maya dengan cepat tanpa harus khawatir akan privasi dan keamanannya.

Baca juga: Mozilla Perkenalkan Logo Baru Firefox

Selain itu, Mozilla VPN juga disebut memiliki tampilan antarmuka (user interface) yang sederhana untuk memudahkan pengguna awam, serta diklaim tak akan mengumpulkan dan menyimpan  data penggunanya.

Kendati resmi dirilis, layanan tersebut saat ini hanya tersedia di enam negara saja, mencakup Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Selandia Baru, Singapura, dan Malaysia, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Mozilla.org, Jumat (17/7/2020).

Belum diketahui kapan Indonesia bakal kebagian layanan Mozilla VPN. Pihak Mozilla hanya mengatakan bahwa layanan tersebut bakal menyambangi sejumlah kawasan lainnya dalam waktu dekat.



Sumber Mozilla
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X