Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkom Benarkan Ada Gangguan Layanan IndiHome, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 17/07/2020, 10:43 WIB

KOMPAS.com - Sejumlah pengguna IndiHome di berbagai wilayah di Indonesia mengeluhkan adanya gangguan layanan internet pada Jumat (17/7/2020) pagi sekitar pukul 09.00 WIB.

Koneksi internet dilaporkan lamban dan bahkan terputus. Laporan gangguan berasal dari beberapa wilayah di Indonesia, seperti Jakarta, Tangerang, dan Bali.

Telkom membenarkan adanya gangguan yang dikeluhkan pelanggannya. Melalui pesan singkat kepada KompasTekno, Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo mengatakan, gangguan terjadi sekitar pukul 08.55 WIB.

Baca juga: IndiHome Sarankan Pelanggan Restart Modem Jika Masih Alami Gangguan

Dia menjelaskan bahwa ada kendala teknis di perangkat transmisi yang mengakibatkan penurunan kualitas layanan di sebagian wilayah layanan Indihome. "Gangguan berlangsung singkat selama 5 menit dan saat ini seluruh layanan telah kembali normal," kata Arif.

Dari pantauan KompasTekno, beberapa pengguna mengaku layanan sudah kembali normal.
Namun, sebagian lain masih mengalami gangguan. Kemungkinan pemulihan akan dilakukan bertahap.

"Kami akan terus memantau dampak dan proses pemulihan layanan IndiHome secara keseluruhan," imbuh Arif.

Beberapa pengguna mengeluh karena gangguan terjadi pada pagi hari, saat sebagian masyarakat masih harus bekerja dan belajar dari rumah karena pandemi yang belum reda.

Baca juga: Telkom IndiHome dan Telkomsel Resmi Buka Blokir Netflix

Hingga berita ini ditulis, masih banyak pengguna yang membanjiri tab mention akun resmi @IndiHome. IndiHome pun masuk trending topic Twitter pada Jumat siang. Telkom pun meminta maaf atas kejadian ini.

"Kami menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan yang terdampak dan merasakan ketidaknyamanan terhadap layanan IndiHome," ujar Arif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.