Awas, Layar MacBook Bisa Rusak Kalau Pakai Penutup Kamera

Kompas.com - 17/07/2020, 19:02 WIB
Ilustrasi Apple Silicon Mac. 9to5MacIlustrasi Apple Silicon Mac.

KOMPAS.com - Kekhawatiran bahwa kameradi laptop rawan diintip hacker menyebabkan sebagian pengguna menutup webcam saat tidak dipakai. Penutupnya kadang berupa aksesori yang terbuat dari plastik.

Namun, penutup semacam ini ternyata bisa merusak layar MacBook apabila pengguna menutup laptop dengan keadaan cover kamera masih terpasang.

Apple belakangan mewanti-wanti pengguna soal risiko itu dalam sebuah pengumuman di situsnya. "Anda bisa menimbulkan kerusakan di layar karena jarak antara display dengan keyboard sangat tipis," tulis Apple.

Baca juga: MacBook Air dan iPad Pro 2020 Resmi Dijual di Indonesia, Ini Daftar Harganya

Akibatnya, cover kamera plastik yang masih terpasang saat laptop ditutup bakal terhimpit antara bodi laptop dan layar. Layar kemudian bisa rusak karena tekanan yang ditimbulkan.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Hardware Zone, Jumat (17/7/2020), contoh kerusakannya sudah dialami oleh beberapa pengguna MacBook di forum online seperti milik MacRumors.

Risiko kerusakan semacam ini mungkin berlaku buat lini MacBook baru yang berbodi tipis, seperti MacBook Pro 16 inci. Sebab, ada pengguna yang mengaku tak bermasalah ketika memakai penutup serupa di kamera MacBook lawas.

layar Macbook yang rusak karena cover kameraimgur layar Macbook yang rusak karena cover kamera

Alih-alih menutup kamera dengan benda fisik, Apple menyarankan pengguna agar mengandalkan lampu indikator berwarna hijau di samping kamera, yang akan menyala apabila kamera sedang aktif mengambil gambar.

"Kamera (di MacBook) dirancang supaya hanya bisa menyala kalau lampu indikatornya menyala juga. Dengan ini Anda bisa mengetahui apabila kamera sedang aktif," imbuh Apple.

Baca juga: Apple Luncurkan MacBook Pro 13 Inci dengan Keyboard Baru

Kalaupun terpaksa menutup kamera, Apple menyarankan pengguna agar menggunakan benda yang sangat tipis, dengan ketebalan tak lebih dari selembar kertas printer (0,1mm) serta tidak memiliki perekat yang bisa meninggalkan residu.

Selain pengguna komputer secara umum, perkara tutup-menutup kamera laptop ini juga dilakukan oleh petinggi dunia teknologi sekalipun. Salah satu contoh terkenal adalah Bos Facebook Mark Zuckerberg yang merekatkan tape untuk menutup kamera di laptop miliknya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X