Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tablet Android yang Dilengkapi Stylus Digital

Kompas.com - 17/07/2020, 20:05 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Terlepas dari eksistensi smartphone yang kian meningkat setiap tahunnya, perangkat tablet nyatanya kini masih eksis digunakan beberapa orang untuk menunjang aktivitas mereka sehari-hari.

Sejumlah vendor smartphone pun saat ini juga turut menciptakan perangkat tablet yang kompatibel guna memenuhi kebutuhan segmen pasarnya.

Salah satunya Samsung. Pabrikan asal Korea Selatan itu bisa dibilang cukup giat meluncurkan perangkat tablet Android dengan dukungan pena stylus, atau yang dikenal dengan S-Pen.

S-Pen sendiri sejatinya memang dirancang untuk mendukung aktivitas kreatif seperti menggambar, menulis, bahkan difungsikan sebagai alat mengontrol layar presentasi, memberi perintah saat menonton video, dan mengambil gambar dari jarak jauh.

Tak hanya pada perangkat tablet, S-Pen juga merupakan fitur andalan Samsung yang selalu hadir di smartphone Galaxy Note Series.

Berikut adalah daftar tablet Galaxy Tab Samsung dengan S Pen yang beredar resmi di Indonesia:

1. Samsung Galaxy Tab S6

Tablet Samsung Galaxy Tab S6 yang merupakan penerus Galaxy Tab S4, mengusung layar AMOLED 10,5 inci dengan resolusi 2.560 x 1.600 piksel.

Spesifikasi layar itu serupa dengan Galaxy Tab S4 yang dirilis Agustus 2018. Kendati memiliki ukuran dan tipe layar yang sama, Galaxy Tab S6 mengusung desain bezel yang lebih tipis dari pendahulunya.

Samsung Galaxy Tab S6 juga lebih tipis, dengan ketebalan 5,7 cm, membuatnya lebih ramping dari iPad Pro.

Galaxy Tab S6 juga dibekali dengan S Pen yang serupa dengan milik Galaxy Note 10. Yudha Pratomo/KompasTekno Galaxy Tab S6 juga dibekali dengan S Pen yang serupa dengan milik Galaxy Note 10.

Di balik dapur pacu, Galaxy Tab S6 dibekali chipset kelas atas, Snapdragon 855 dengan dua pilihan kombinasi RAM dan penyimpanan, yakni 6 GB/128 GB dan 8 GB/256 GB.

Kapasitas penyimpanan ini juga bisa diperbesar melalui slot MicroSD hingga 1 TB.

Salah satu nilai jual utama Galaxy Tab S6 adalah stylus S-Pen, yang khas dari Samsung. Stylus ini juga dapat digunakan sebagai tombol shutter untuk mengambil foto dari jarak jauh, serupa fungsi di ponsel Galaxy Note terbaru.

Baca juga: Harga Samsung Galaxy Tab S6 di Indonesia

2. Samsung Galaxy Tab A (2019, 8 inci)

Samsung Galaxy Tab A With S-PenSamsung Samsung Galaxy Tab A With S-Pen

Galaxy Tab A Plus resmi meluncur pada bulan Maret 2019 lalu. Tablet kelas menengah ini juga disebut dengan nama Galaxy Tab A 8.0 (2019)

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com