Menelusuri Jejak Dalang Peretasan Akun Twitter Bill Gates dkk

Kompas.com - 18/07/2020, 14:05 WIB
Ilustrasi Twitter ZDNet.comIlustrasi Twitter

KOMPAS.com - Pertengahan pekan ini, jagat internet diramaikan dengan peretasan akun Twitter tokoh-tokoh ternama dunia. Mulai dari miliarder dan filantropi Bill Gates, Elon Musk, Jeff Bezos, hingga mantan Presiden Amerika Serika, Barack Obama.

Semua akun Twitter itu mengicaukan hal yang sama, yakni meminta follower-nya mengirimkan uang kripto Bitcoin. Pengirim dijanjikan akan mendapat pengembalian berlipat ganda dari nilai yang disetorkan.

"Saya akan melipatgandakan semua pembayaran yang dikirim ke alamat Bitcoin saya untuk 30 menit ke depan. Anda kirim 1.000 dollar AS, saya akan mengirimkannya kembali 2.000 dollar AS," tulis akun Twitter Bill Gates yang diretas.

Peretasan juga menimpa akun Twitter beberapa perusahaan, startup, atau media terkait mata uang kripto seperti Gemini, Binance, dan Coindesk.

Agak berbeda dengan peretasan tokoh-tokoh sebelumnya, akun-akun ini menulis unggahan yang mengatakan bahwa mereka akan memberikan 5.000 bitcoin kepada sebuah komunitas bernama CryptoForHealth.

Dalam twit tersebut, tercantum sebuah tautan yang diduga berisi penipuan. Tyler Winklevoss, Co-founder sekaligus CEO Gemini mengatakan twit resmi @Gemini telah diretas.

"JANGAN KLIK TAUTAN! Twit tersebut adalah penipuan," tulisnya.

Twitter sendiri telah mengakui adanya rentetan peretasan di platformnya. Hingga saat ini, Twitter masih melakukan investigasi.

Belum diketahui siapa sebenarnya pelaku peretasan 'massal' ini. Namun, seorang blogger keamanan siber bernama Brian Krebs menduga bahwa dalang di balik aksi peretasan ini adalah Joseph James Connor alias PlugWalkJoe.

Beberapa fakta yang mendukung hipotesanya dituturkannya melalui sebuah tulisan di situs Krebs On Security. Lantas, siapa Joseph James Connor?

Ahli SIM Swap

Brian mendeskripsikan bawah Connor adalah pemuda berusia 21 tahun asal Liverpool, Inggris.
Menurut sumber keamanan di industri mobile, Connor dikenal sebagai ahli peretasan menggunakan metode SIM Swap.

SIM swap kurang lebih adalah metode yang digunakan peretas untuk mengambil alih akun media sosial atau akun perbankan dengan menggunakan kartu SIM yang terhubung.

Biasanya mereka meminta operator untuk 'memindahtangankan' kartu SIM dari pemilik asli ke peretas. Saat ini, Connor dikabarkan tinggal di Spanyol untuk masuk ke sebuah perguruan tinggi awal tahun ini.

Sumber tersebut mengatakan bahwa saat ini Connor menjadi subyek investigasi atas sejumlah kasus serangan SIM swap dan perampokan Bitcoin dalam beberapa tahun terakhir. Nama alias Connor, @PlugWalkJoe, sempat muncul di twit Jack Dorsey, CEO Twitter.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X