Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Sebar Aplikasi Mirip TikTok Bulan Depan

Kompas.com - 19/07/2020, 12:11 WIB
Conney Stephanie,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Setelah diuji coba di sejumlah negara beberapa waktu lalu, fitur Reels di Instagram akan dirilis secara global mulai bulan Agustus mendatang. Ada sekitar 50 negara yang akan kebagian fitur ini.

"Kami senang dapat merilis fitur Reels ke lebih banyak negara, termasuk Amerika Serikat pada awal Agustus nanti," kata Juru Bicara Facebook dalam sebuah pernyataan.

Menurut Juru Bicara Facebook, Reels mendapat respon yang positif dari para pengguna Instagram yang sudah mengujicoba.

Sebelumnya, fitur Reels ini telah digelontorkan oleh Instagram di beberapa negara, di antaranya India, Brasil, Perancis, dan Jerman.

"Pengguna dari setiap negara menunjukkan antusiasme mereka untuk membuat kreasi video pendek dengan fitur Reels ini termasuk para konten kreator," lanjut Juru Bicara Facebook.

Baca juga: Studi: Algoritma Instagram Lebih Suka Foto-foto Terbuka

Reels merupakan fitur baru yang mirip dengan TikTok. Dengan fitur ini, pengguna dapat membuat video pendek berdurasi 15 detik dengan beragam elemen hiburan.

Dirangkum KompasTekno dari Tech Crunch, Minggu (19/7/2020), elemen tersebut seperti musik, tingkat kecepatan video, hingga aneka efek unik lainnya.

Setelah membekali video dengan musik dan efek, pengguna pun bisa langsung membagikannya ke pengguna lain lewat Instagram Stories.

Seperti halnya sebuah Instagram Stories, Reels akan hilang setelah 24 jam tayang. Namun, pengguna bisa menyimpan Reels yang mereka ciptakan ke dalam Hightlight.

Langkah Instagram mempercepat peluncuran Reels ini juga diduga karena TikTok diblokir di sejumlah negara, salah satunya adalah India. Padahal, jumlah pengguna TikTok di India tergolong besar.

Baca juga: Ambil Foto Milik Orang Lain dari Instagram Kini Wajib Izin

Kedepannya, fitur Reels ini diharapkan mampu mengundang puluhan juta pengguna Instagram sebagai pengganti aplikasi TikTok.

Kendati demikian, Instagram belum mengonfirmasi secara pasti, kapan tanggal tersedianya fitur Reels ini untuk para pengguna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechCrunch


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com