FBI Investigasi Kasus Peretasan Akun Twitter Bill Gates dkk

Kompas.com - 21/07/2020, 12:58 WIB
Ilustrasi Twitter. KOMPAS.com/Gito Yudha PratomoIlustrasi Twitter.

KOMPAS.com - Biro investigasi federal ( FBI) melakukan investigasi terbuka terkait kasus peretasan sejumlah akun Twitter orang-orang ternama beberapa waktu lalu.

Sejumlah akun terverifikasi milik tokoh publik seperti Bill Gates, Elon Musk, dan Barack Obama, diretas dan disalahgunakan.

FBI menyoroti adanya serangan terkoordinasi dan celah keamanan yang terekspos di sistem Twitter, di mana celah tersebut berisiko mengakibatkan masalah keamanan yang serius.

"Saat ini, akun-akun terdampak tampaknya disalahgunakan untuk penipuan mata uang kripto," jelas perwakilan FBI.

Meskipun akun milik sejumlah tokoh besar seperti seperti Obama dan Joe Biden diretas, akun Twitter milik Presiden Donald Trump tetap aman dan tidak terkena dampak.

Namun, belum jelas apakah akun Twitter Presiden AS ini dilindungi sistem keamanan khusus atau tidak. Saat ini, Twitter masih berkoordinasi dengan FBI untuk investigasi dan akan bekerja sama sepenuhnya.

Gubernur New York, Andrew Cuomo juga meminta Departemen Keuangan untuk ikut menyelidiki kasus ini. Cuomo khawatir adanya keterlibatan pihak asing.

Baca juga: Twitter Diretas, Perlukah Reset Password?

"Intervensi pihak asing masih menjadi ancaman besar untuk demokarsi kita, dan New York akan terus memimpin perjuangan untuk melindungi demokrasi dan integritas pemilihan umum kita dengan cara apapun yang bisa kita lakukan," kata Cuomo.

Jaksa agung New York, Letitia James, juga membuka penyelidikan setelah parlemen meminta Twitter untuk lebih transparan tentang bagaimana penyerangan bisa terjadi.

James mengatakan, banyak warga Amerika yang memanfaatkan Twitter untuk membaca dan menonton berita, terlibat dalam debat publik, dan mendengan pernyataan langsung dari pemimpin politik, aktivis, pebisnis, dan pemimpin lainnya.

Halaman:


Sumber The Verge
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X