Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Pemesanan PlayStation 5 Akan Dibatasi?

Kompas.com - 21/07/2020, 18:07 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Gamespot

KOMPAS.com - Sony telah mengungkap wujud dan spesifikasi dari konsol next gen terbarunya, PlayStation 5 (PS5) pada bulan Juni lalu.

Belakangan, beredar rumor bahwa pabrikan konsol asal Jepang itu akan segera membuka periode pemesanan (pre-order) PS5, tapi jumlah pesanan untuk tiap pembeli bakal dibatasi.

Hal ini pertama kali diungkap oleh pengguna Reddit u/Kgarvey. Ketika menelusuri baris kode di laman PlayStation Direct, Kgarvey menemukan sebuah kode error yang agaknya bakal muncul kalau pengunjung membeli lebih dari satu unit PS5 saat pre-order sudah dibuka.

"Anda hanya dapat membeli satu versi konsol PS5: Disc (fisik) atau Digital. Anda telah menambahkan satu konsol PS5 ke troli Anda," bunyi pesan tersebut.

Dengan demikian, satu orang pembeli aganknya hanya bisa mendapatkan satu buah unit konsol PS5 baik pada versi digital atau versi reguler (tidak keduanya), selama periode pre-order nanti.

Baca juga: Pandemi Covid-19 Membuat Sony Dongkrak Jumlah Produksi PS5

Strategi pembatasan unit sebenarnya bukan hal asing buat Sony. Sebelumnya, Sony diketahui telah menerapkan kebijakan serupa pada periode pre-order peluncuran PS4, yang hadir pertama kali di tahun 2013 lalu.

Kemungkinan besar, Sony juga akan menjual PS5 pada Amazon, Best Buy, dan toko-toko lainnya, sehingga pemesanan PS5 tidak hanya akan tersedia pada situs PlayStation Direct saja.

Hingga saat ini pihak Sony sendiri masih belum mengonfirmasi kebenaran dari kabar tersebut. Namun, Sony Senior Vice President of Marketing Eric Lempel berjanji akan segera menyampaikan jadwal pre-order konsol PS5 ketika waktunya telah tiba.

"Kami akan memberi tahu Anda kapan pemesanan (pre-order) akan diadakan," kata Lempel sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Game Spot, Selasa (21/7/2020).

Kgarvey juga mendapati informasi unik lain pada kode yang terdapat pada situs PlayStation Direct. Ia menemukan sebuah label dengan teks yang bertuliskan "PS5 Compatible".

Baca juga: Ubisoft Sebut Konsol PS5 Bisa Mainkan Hampir Semua Game Lawas

Label tersebut mengindikasikan kemungkinan bahwa PS5 dapat memainkan game-game yang ada pada PS4. Beberapa waktu lalu, Sony memang sempat dikabarkan bakal memiliki sebuah fitur bernama backward compatibility.

Fitur tersebut diklaim dapat memungkinkan pengguna untuk memainkan game dari konsol PlayStation lawas. Selain hadir di PS5, fitur backward compatibility kabarnya juga akan hadir konsol Xbox terbaru, yakni Xbox Series X.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gamespot


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com