Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Siapkan Kolom Khusus Emoji di Gboard

Kompas.com - 22/07/2020, 13:37 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Bersamaan dengan Hari Emoji Dunia pada 17 Juli lalu, Google mengumumkan bahwa mereka tengah mempersiapkan sebuah bar alias kolom khusus emoji untuk pengguna aplikasi keyboard Gboard.

Bar tersebut nantinya akan terletak di atas keyboard, berdekatan dengan kolom autocorrect, dan akan muncul apabila diaktifkan oleh pengguna.

Kolom khusus ini dibuat sebagai shortcut untuk mempermudah pengguna saat ingin memasukkan sebuah emoji ke dalam teks. Saat ini, emoji di Gboard diakses dengan cara yang cukup memakan waktu, yakni menekan tombol koma selama beberapa saat.

Baca juga: Gboard Bisa Kirim Stiker dari Hasil Gabungan Emoji

Selain kolom, Google juga tengah menyiapkan 117 emoji baru, termasuk emoji orang memberi botol susu pada bayi, orang berpakaian tuksedo, orang bertudung, hingga emoji wajah tersenyum bahagia dengan air mata.

Google mempersiapkan bar khusus emoji untuk pengguna Gboard. Engadget Google mempersiapkan bar khusus emoji untuk pengguna Gboard.
Ada pula sejumlah emoji yang didesain ulangagar lebih sesuai dengan tampilan dark mode. Emoji-emoji ini kabarnya juga akan tersedia untuk perangkat dengan sistem operasi iOS 14.

Dirangkum KompasTekno dari Engadget, Rabu (22/7/2020), fitur kolom khusus emoji masih dalam tahap uji coba. Namun, fitur ini kabarnya akan segera digelontorkan untuk pengguna Android dalam waktu dekat.

Baca juga: Peluncuran Emoji Baru pun Tertunda karena Virus Corona

Kendati demikian, Google tidak menyebut tanggal pasti ketersediaan jalan pintas untuk emoji tersebut.

Fitur ini memang terlihat sederhana namun akan mempermudah pengguna. Sebab, penggunaan emoji saat ini sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam percakapan berbasis teks atau chatting.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com