Mirip Zoom, Facebook Messenger Kini Punya Fitur "Screen Sharing"

Kompas.com - 22/07/2020, 15:05 WIB
Fitur Screen Sharing di Facebook Messenger gsmarena.comFitur Screen Sharing di Facebook Messenger
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Salah satu fitur yang banyak dipakai di aplikasi telekonferensi populer, Zoom, adalah screen sharing yang memungkinkan pengguna meneruskan tampilan layar perangkatnya ke peserta rapat.

Seolah tak mau ketinggalan, aplikasi pesan instan Facebook Messenger belakangan menambahkan fitur serupa untuk para penggunanya di platform Android dan iOS. Jika pengguna mengakses lewat web atau desktop, screen sharing tersedia di Messenger Rooms.

Fitur screen sharing  bermanfaat saat pengguna ingin melakukan presentasi atau menampilkan konten apa saja di hadapan partisipan lain secara online.

Host dalam panggilan video grup juga dimungkinkan untuk mengontrol penggunaan fitur screen sharing dan membatasi siapa saja peserta yang dapat menggunakan fitur ini.

Baca juga: Begini Cara Mute Mikrofon Otomatis di Zoom saat Gabung Rapat

Jika diakses melalui aplikasi mobile, pengguna dapat membagikan tampilan layar ke delapan peserta dalam panggilan video grup. Sedangkan jika mengakses lewat desktop via Messenger Room, fitur screen sharing mendukung hingga 16 peserta.

Dihimpun KompasTekno dari Gadgets NDTV, Rabu (22/7/2020), Facebook juga berencana akan menambah cakupan jumlah partisipan pada panggilan video grup untuk dapat berbagi layar ke 50 orang sekaligus.

Sebelumnya pada bulan Juli lalu, tanda-tanda integrasi antara WhatsApp dengan Facebook Messenger mulai terlihat. Sejumlah fungsi WhatsApp dikabarkan bisa langsung diproses dari dalam aplikasi Messenger.

Seorang pengembang aplikasi bernama Alessandro Paluzzi juga sempat membagikan rumor bahwa percakapan yang terjadi di aplikasi Messenger disinyalir akan dapat diakses lewat aplikasi Instagram.

Baca juga: Google Siapkan Fitur Ganti Background Mirip Zoom untuk Meet

Lewat unggahannya, ia mengungkap ada menu "Get Messenger in Instagram" di halaman pengaturan Instagram.

Hal tersebut mengindikasikan bahwa Facebook nantinya bakal mengintegrasikan layanan Messenger dan Instagram yang memungkinkan pengguna di kedua platform tersebut saling berkomunikasi.




25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X