Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hengkang dari Google, Perancang Teknologi Kamera Pixel Direkrut Adobe

Kompas.com - 22/07/2020, 17:18 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Beberapa bulan lalu, "otak" di balik teknologi kamera smartphone Google Pixel, Mark Levoy, hengkang dari Google. Belakangan diketahui bahwa dia ternyata berlabuh di perusahaan digital imaging Adobe yang bermarkas di San Jose, California, Amerika Serikat.

Hal tersebut diungkap oleh infomrasi di halaman akun LinkedIn milik Levoy dan keterangan resmi dari Adobe.

Levoy kini menjabat sebagai Vice President & Fellow di Adobe dan memiliki tugas untuk mengembangkan teknologi computational photography melalui sejumlah proyek, seperti Photoshop Camera, Adobe Research, Sensei AI, dan lain sebagainya.

Baca juga: Otak di Balik Canggihnya Kamera Google Pixel Hengkang

Kehadiran Levoy di perusahaan pembuat aplikasi Photoshop ini juga bertujuan untuk mewujudkan visi Adobe demi membuat sebuah "aplikasi kamera universal".

Boleh jadi Adobe ingin membuat sebuah software kamera yang bisa dipakai di beragam perangkat dan platform, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TheVerge, Rabu (22/7/2020).

dobe sendiri sebenarnya sudah memiliki sejumlah aplikasi kamera untuk ponsel. Sebut saja seperti Adobe Photoshop Camera tadi, serta Adobe Lightroom yang bisa diunduh oleh pengguna smartphone Android dan iOS.

Dengan kata lain, ada kemungkinan Levoy bakal turut mengembangkan kedua aplikasi kamera tersebut dan menghadirkan sederet fitur baru yang bisa saja lebih canggih.

Baca juga: Google Ungkap Tiga Ponsel Pixel untuk Tahun 2020

Saat masih bekerja di Google, Levoy memegang peranan penting di pengembangan teknologi kamera ponsel Pixel. Ia berhasil menghadirkan sejumlah fitur fotografi yang bisa dibilang cukup mumpuni berkat pemanfaatan teknologi computational photography.

Beberapa di antaranya seperti fitur ikonik "Night Sight" yang bisa menciptakan foto yang menawan meski keadaan sekitar minim akan cahaya, fitur "Portrait Mode" untuk mempercantik efek bokeh pada wajah, serta fitur "HDR+" untuk memperkaya detail objek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com