Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Resmi Luncurkan Galaxy Z Flip 5G, Bedanya dengan Z Flip Reguler?

Kompas.com - 23/07/2020, 11:44 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Samsung resmimengumumkan ponsel layar lipat Galaxy Z Flip varian 5G pada Kamis (23/7/2020). Sebelumnya, ponsel layar lipat ini sempat dikabarkan akan meluncur pada ajang tahunan Galaxy Unpacked 5 Agustus.

Namun tak perlu menunggu hingga Agustus, Galaxy Z Flip 5G kini resmi diluncurkan Samsung, meski baru tersedia di sejumlah wilayah saja.

Dibanding versi reguler, Galaxy Z Flip 5G dibekali dengan sejumlah peningkatan spesifikasi, salah satunya ada di sektor chipset.

Alih-alih Snapdragon 855 Plus seperti di versi reguler, Galaxy Z Flip 5G kini dipersenjatai dengan chipset teranyar Qualcomm Snapdragon 865 Plus.

Baca juga: Xiaomi Bikin Ponsel Lipat Mirip Galaxy Z Flip?

System-on-Chip (SoC) ini mengingatkan kita pada dua ponsel gaming yang baru saja diluncurkan, seperti Asus ROG Phone 3 dan Lenovo Legion Duel.

Dari segi performa, SoC ini diklaim memiliki peningkatan prosesor (CPU) dan pengolah grafis (GPU) sebesar 10 persen dibanding Snapdragon 865 versi reguler.

SoC ini juga sudah dibekali dengan konektivitas 5G yang mengandalkan chip modem Snapdragon X55 5G terintegrasi, memungkinkan pengguna Galaxy Z Flip 5G merasakan pengalaman berselancar internet termutakhir.

Ponsel layar lipat teranyar Samsung ini juga hadir dengan dua varian warna baru, yakni Mystic Bronze dan Mystic Grey, dan memiliki dimensi lebih tebal 0,1 mm dibanding versi reguler.

Terlepas dari itu, spesifikasi lainnya kurang lebih serupa dengan Galaxy Z Flip versi reguler yang diumumkan Februari lalu.

Spesifikasi Galaxy Z Flip 5G

Galaxy Z Flip 5G mengusung layar Infinity Flex Display (Dynamic AMOLED) berukuran 6,7 inci (resolusi 2.636 x 1.080 piksel) ketika dibentangkan.

Sementara ketika dilipat, ponsel berbobot 183 gram tersebut memiliki bentuk yang ringkas dan mungil, sehingga bisa dimasukkan ke dalam saku celana atau kemeja.

Baca juga: Berapa Harga Servis Layar Lipat Samsung Galaxy Z Flip?

Untuk urusan fotografi, ponsel ini memiliki tiga kamera, yang terdiri atas dua kamera belakang dan satu kamera depan. Kamera depan berdesain punch hole dengan resolusi 10 MP.

Sementara dua kamera belakang memiliki resolusi 12 MP (f/1.8) dan 12 MP ultrawide (f/2.2). Dua kamera belakang ini disusun secara horizontal, beserta sebuah LED flash dan layar kecil berdiagonal 1,1 inci untuk menampilkan notifikasi.

Sama seperti pendahulunya, Galaxy Z Flip 5G hadir dalam satu varian RAM dan media penyimpanan, yakni 8 GB dan 256 GB, serta baterai 3.300 mAh yang mendukung pengisian cepat 15 watt.

Di Amerika Serikat, ponsel tersebut dijual dengan harga 1.450 dolar AS atau sekitar Rp 21 juta, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Kamis (23/7/2020).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com