Inilah 3 Pemenang Lomba Foto iPhone 2020

Kompas.com - 23/07/2020, 14:47 WIB
Ilustrasi iPhone X Photography theverge.comIlustrasi iPhone X Photography
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Apple tiap tahun rutin menyelenggarakan lomba foto iPhone Photography Award  (IPPAWARD) untuk karya-karya yang dihasilkan dengan kamera smartphone iPhone buatannya.

Kompetisi fotografi ini telah diselenggarakan selama 13 tahun semenjak masa iPhone generasi pertama pada 2007 lalu. IPPAWARD ke-13 yang dilangsungkan pada 2020 diikuti oleh ribuan fotografer peserta dari 140 negara. Para pemenangnya belakangan telah diumumkan.

Baca juga: Cara Menonaktifkan Fitur Autocorrect di iPhone dan Android

Peringkat pertama sebagai foto terfavorit ditempati oleh Artsiom Baryshau dari Belarus. Ia mengambil gambar yang menunjukkan seorang pria tengah melukis deretan garis berwarna biru pada dinding putih.

Karya Artsiom Baryshau dari BelarusApple Karya Artsiom Baryshau dari Belarus

Garis-garis tersebut seolah terlihat menyatu dengan langit. Siapa sangka, foto dengan judul "No Walls" ini diambil dengan menggunakan iPhone 6 yang pertama kali dirilis enam tahun lalu pada 2014.

Baca juga: Penjualan iPhone Turun, Apple Malah Bayar Rp 13,8 Triliun ke Samsung?

Lalu peringkat kedua ditempati oleh Geli Zhao asal China. Dengan menggunakan iPhone XS Max, ia berhasil menangkap objek beberapa kain yang tengah tertiup angin.

Karya Geli Zhao dari ChinaApple Karya Geli Zhao dari China

Selanjutnya di posisi ketiga ditempati oleh Saif Hussain asal Irak lewat karyanya yang berjudul "Sheikh of Youth". Foto bertema black and white ini diambil dengan menggunakan iPhone X. Subyeknya adalah seorang laki-laki tua yang seolah terjebak di antara dua aspek.

Karya Saif Hussain dari IrakApple Karya Saif Hussain dari Irak

Selain tiga besar foto terfavorit, Apple juga memberikan penghargaan iPhone Photographer of The Year yang jatuh pada fotografer asal Inggris, Dimpy Bhalotia lewat karyanya yang berjudul "Flying Boys".

Karya Dimpy Bhalotia berjudul Flying Boysmashable.com Karya Dimpy Bhalotia berjudul Flying Boys

Foto yang diambil menggunakan iPhone X ini menggambarkan tiga anak laki-laki asal Banaras, India yang melompat dengan menunjukkan ekspresi ketegangan dan kegembiraan.

Baca juga: Pengguna iPhone Sudah Bisa Jajal iOS 14, Begini Caranya

Kemudian ada beberapa 18 kategori foto seperti Abstrak, Hewan, Matahari Terbenam, dan lainnya yang juga dinilai oleh dewan juri.

"Saya terkejut melihat hasil foto yang diambil dengan iPhone ini dan bukan dari kamera DSLR mahal. Kamera iPhone telah membawa peningkatan sejak generasi pertama diluncurkan," kata juru bicara Apple dalam sebuah pernyataan sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Mashable, Kamis (23/7/2020).



Sumber MASHABLE
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X