Kamera Buat "Nge-vlog" Sony ZV-1 Resmi Dijual di Indonesia, Harganya?

Kompas.com - 23/07/2020, 16:43 WIB
Kamera saku Sony ZV-1 SonyKamera saku Sony ZV-1
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Pertama kali diperkenalkan secara internasional pada akhir Mei lalu, Sony ZV-1 kini sudah resmi dipasarkan di Indonesia. Kamera saku ini ditujukan untuk penggemar vlogging dan video kasual.

President Director PT Sony Indonesia, Kazuteru Makiyama mengatakan bahwa konsumen muda dari Generasi Z dan millenial menunjukkan minat untuk beralih ke kamera digital untuk merekam video, setelah sebelumnya biasa memakai smartphone.

“Inilah kesempatan bagi Sony Indonesia untuk memperkenalkan kamera digital ZV-1,” ujar Makiyama dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Kamis (23/7/2020).

Baca juga: Panasonic Luncurkan Kamera Vlogging Lumix G1000

Dilihat sekilas, bentuk Sony ZV-1 mirip dengan seri kamera Sony lainnya, yakni RX100, namun dengan beberapa perbedaan fitur yang dioptimalkan untuk video.

Bagian top plate ZV-1, menunjukkan mikrofon, multi interface hotshoe, dan tombol khusus Background Defocus di samping tombol shutter.Sony Bagian top plate ZV-1, menunjukkan mikrofon, multi interface hotshoe, dan tombol khusus Background Defocus di samping tombol shutter.

ZV-1, misalnya, dibekali dengan hotshoe dan konektor audio 3,5 mm yang bisa digunakan untuk memasang mikrofon eksternal.

Layar sentuh 3 inci di belakang bisa diputar dengan engsel menyamping (articulated) sehingga menghadap ke depan tanpa menghalangi mikrofon di atas.

Selain menggunakan mic eksternal, pemilik ZV-1 juga bisa memanfaatkan mikrofon terintegrasi berjenis “directional 3-capsule” yang dioptimalkan untuk menangkap suara dari arah depan, sambil meminimalisir suara dari samping dan belakang.

Baca juga: Ini Aksesori yang Wajib Dibawa saat Memotret dan Vlogging dengan Smartphone

Mic terintegrasi dibekali dengan wind screen untuk meredam suara angin. Wind screen sudah termasuk dalam paket penjualan Sony ZV-1.

Sony ZV-1 dengan aksesori shooting grip VCT-SGR1
Sony Sony ZV-1 dengan aksesori shooting grip VCT-SGR1
Sony membekali ZV-1 dengan sensor 1 inci dengan resolusi 20,1 MP dan prosesor gambar Bionz X. Lensanya memiliki focal length ekuivalen full frame 24-70 mm (f/1.8-2.8).

Kamera ini mampu merekam video hingga resolusi 4K 24/30 FPS, atau slow motion hingga 960 FPS. Ada juga fasilitas interval recording untuk timelapse, serta dukungan profil gamma HLG, S-Log3, dan S-Gamut3.cine untuk mereka yang ingin melakukan grading video.

Di Indonesia, Sony ZV-1 sudah bisa dipesan lewat pre-order di seluruh Sony Authorized Dealers mulai 23 Juli hingga 9 Agustus 2020 mendatang.

Harga Sony ZV-1 di Indonesia dipatok Rp 10 juta.

Bagi yang memesan di masa pre-order, bekesempatan mendapatkan bonus paket bundling adaptor kabel dan aksesori shooting grip VCT-SGR1.

 



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X