Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mirip Android, iPhone Bakal Dibekali Kamera Periskop?

Kompas.com - 24/07/2020, 09:05 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kamera telephoto dengan lensa model periskop yang disusun secara menyamping supaya tidak menonjol ke luar bodi belakangan ramai disematkan para pabrikan Android di ponsel masing-masing.

Apple pun agaknya tak mau ketinggalan. Rival berat Android tersebut baru-baru ini dikabarkan tertarik membenamkan teknologi kamera serupa di ponsel iPhone besutannya.

Hal tersebut diutarakan oleh analis TF Securities sekaligus pembocor andal soal produk-produk mendatang dari Apple, Ming-chi Kuo. Dia mengatakan bahwa iPhone bakal mulai mengusung kamera dengan lensa periskop pada 2022 mendatang.

Baca juga: Cara Menonaktifkan Fitur Autocorrect di iPhone dan Android

Menurut Kuo, sebuah perusahaan asal Korea Selatan bernama Semco bakal menjadi pemasok kamera periskop untuk lini iPhone 2022.

Selain Semco, perusahaan asal China bernama Sunny Optical juga dikabarkan juga akan turut dilibatkan. Kedua perusahaan disinyalir akan mulai mengirim komponen kamera ke Apple tahun ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Apple Insider, Kamis (23/7/2020).

Semco diperkirakan akan memasok periskop berjenis lensa 6P dan teknologi VCM untuk mengoptimalkan fitur autofokus dan stabilizer gambar. Desain VCM menggantikan motor spring-type yang telah digunakan iPhone dan iPad model lama.

Baca juga: 3 Fakta di Balik Teknologi Kamera Periskop Oppo

Menurut Kuo, Semco juga akan memasok komponen lensa 6P/7P atau 5P/6P pada tahun 2021, menggantikan pemasok lama yakni Largan dan Genius. Kuo sebelumnya memprediksi bahwa iPhone 12 yang akan datang akan menggunakan lensa 7P.

Sementara itu, Sunny Optical sedang berusaha agar bisa lolos evaluasi kualitas dari Apple pada kuartal keempat 2020. Apabila Sunny Optical memenuhi standar kualitas Apple, mereka akan mulai memasok lensa 5P untuk iPad dan beberapa model Mac pada kuartal pertama 2021.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com