Jumlah Penonton Twitch Melonjak di Tengah Pandemi Covid-19

Kompas.com - 27/07/2020, 07:00 WIB
Logo Twitch. ELIJAH NOUVELAGE/ReutersLogo Twitch.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Platform streaming Twitch sukses menarik minat para penonton di tengah pandemi Covid-19.

Pasalnya, pada periode April hingga Juni, atau kuartal kedua (Q2) 2020, pengguna Twitch tercatat telah menonton selama 5 miliar jam konten di platform tersebut.

Hal tersebut diketahui dari laporan yang dirilis oleh dua firma riset industri game, StreamElements dan Arsenal.gg.

Angka tersebut, menurut pihak StreamElements, sejatinya meningkat sebanyak 56 persen dibanding kuartal sebelumnya. 

Akumulasi jumlah tontonan (hours watched) mencapai puncaknya di bulan April, di mana pengguna menghabiskan sekitar 1,8 miliar jam untuk menyaksikan beragam konten di Twitch.

Grafik jumlah jam yang dihabiskan pengguna Twitch sejak awal Januari 2020.StreamElements Grafik jumlah jam yang dihabiskan pengguna Twitch sejak awal Januari 2020.
Pada akhir Q2 2020 atau bulan Juni, pengguna Twitch telah menonton sekitar 1,5 miliar jam konten video.

Angka tersebut tersebut meningkat sekitar 60 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu. Kala itu, data hours watched tercatat mencapai 939 juta jam.

Menurut pihak StreamElements, penigkatan ini disebabkan oleh kebiasaan pengguna yang berubah di tengah pandemi.

Baca juga: Facebook Rilis Aplikasi Streaming Game Pesaing Twitch

Di saat-saat seperti ini, tak sedikit dari mereka yang terjebak di rumah dan mencari alternatif hiburan online, termasuk menyaksikan tayangan live streaming di Twitch.

"Dengan banyak orang terjebak di rumah (akibat pandemi), fokus mereka hanya terpaku pada hiburan online, baik yang menonton maupun mereka yang menyediakan konten," kata Chase, Head of Communications for StreamElements and Global Emote Twitch.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X