Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi Masuk Indonesia, Ini Harga Kamera Mirrorless Canon EOS R5 dan R6

Kompas.com - 27/07/2020, 08:29 WIB
Reska K. Nistanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Distributor resmi Canon di Indonesia, PT Datascrip, resmi menghadirkan dua kamera mirrorless full-frame Canon EOS R, yaitu Canon EOS R5 dan EOS R6.

Kedua kamera ini dirancang khusus untuk fotografer dan videografer dengan performa dan gambar berkualitas tinggi, dengan fitur-fitur kelas atas.

Fitur-fitur itu antara lain prosesor gambar DIGIC X, sistem AF terbaru, kecepatan continuous shooting hingga 20 fps, teknologi 5-axis In-Body IS, slot kartu memori ganda, serta bodi magnesium alloy.

Baca juga: Kamera Mirrorless Canon EOS R5 dan R6 Resmi Meluncur, Pertama dengan IBIS

"Kami percaya bahwa kehadiran Canon EOS R5 dan EOS R6 ini akan membuka ruang kreativitas baru bagi para pencinta fotografi dan videografi di tanah air," kata Merry Harun, Canon Business Unit Director PT Datascrip dalam keterangan tertulisnya, Senin (27/7/2020).

Lebih lanjut, Merry mengatakan Canon EOS R5 adalah kamera mirrorless full-frame pertama dari Canon  yang dapat merekam video dengan kualitas 8K sehingga pengguna dapat lebih leluasa berkreativitas untuk menghasilkan karya terbaik mereka.

Berikut adalah daftar harga Canon EOS R5 dan EOS R6 di Indonesia:

Canon EOS R5 body only dengan harga Rp 69.883.000
Canon EOS R5 with lens 24-105mm L IS USM dengan harga Rp 88.648.000
Canon EOS R6 body only dengan harga Rp 47.883.000
Canon EOS R6 with lens 24-105mm L IS USM dengan harga Rp 67.036.000
Canon EOS R6 with lens 24-105mm IS STM dengan harga Rp 54.353.000

Spesifikasi EOS R5

EOS R5 merupakan kamera mirrorless teratas Canon yang dibekali sensor CMOS Full-frame 45 megapiksel, berikut prosesor gambar Digic X. Kamera ini memiliki layar LCD kedua di pundak, layaknya DSLR profesional.

Kamera ini sanggup merekam video RAW 8K dengan frame rate hingga 30 FPS, dan video 4K 10-bit 4:2:2 hingga 120 FPS secara internal.

Kamera mirrorless full-frame Canon EOS R5, tampak atas dan belakangCanon Kamera mirrorless full-frame Canon EOS R5, tampak atas dan belakang
Sistem autofokus EOS R5 mengandalkan teknologi “Dual Pixel CMOS AF II” dengan cakupan 100 persen area frame dan zona AF sejumlah 1.053 titik.

Autofokus kamera ini juga bisa mengunci fokus di mata subyek (eye AF), termasuk untuk subyek binatang seperti kucing, anjing, dan burung.

Burst rate yang mampu dihasilkan adalah 20 gambar per detik, dengan shutter elektronik atau 12 gambar per detik dengan shutter mekanik.

Baca juga: Canon Disebut Hentikan Produksi DSLR EOS 5D karena Pandemi

In-Body Image Stabilizer di EOS R5 mampu bekerja bersama sistem peredam goyangan di lensa (OIS) dan diklaim dapat memberikan kompensasi hingga 8-stop.

Sebagai kamera yang ditujukan untuk profesional, EOS R5 memiliki bodi tangguh dengan ketahanan terhadap debu dan cuaca (weather resistant), berikut EVF OLED dengan resolusi 5,76 MP, dan refresh rate 120 Hz, serta LCD putar (fully-articulating) beresolusi 2,1 MP.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com