Dua Cara Mengambil "Screenshot" di Komputer Mac

Kompas.com - 27/07/2020, 10:02 WIB
Tampilan folder hasil screenshot pada macOS idownloadblogTampilan folder hasil screenshot pada macOS

KOMPAS.com - Screenshot atau yang juga sering disebut screen capture merupakan suatu fitur untuk menangkap tampilan yang sedang dilihat di layar perangkat.

Fitur screenshot telah tersedia dan dapat diakses diberbagai perangkat, mulai dari smartphone, tablet, laptop, komputer, hingga pada konsol gaming.

Untuk mengaktifkannya, pengguna hanya perlu menekan kombinasi tombol sebagai shortcut, atau menggunakan aplikasi tertentu. Lantas bagaimana cara menangkap layar (screenshot) di perangkat Mac?

Baca juga: Tinggalkan Intel, Apple Pakai Prosesor Buatan Sendiri untuk Mac

Apple rupanya telah menyiapkan dua cara mudah untuk melakukan screenshot di perangkat Mac. Pengguna dapat memilih menggunakan aplikasi bawaan macOs atau cara konvensional dengan menekan beberapa tombol keyboard tertentu.

Selengkapnya, berikut merupakan cara-cara untuk screesnhot pada perangkat Mac sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Senin (27/7/2020).

Screenshot menggunakan aplikasi

Dalam dua versi terbaru macOS, -Mojave dan Catalina- terdapat sebuah aplikasi baru yang hadir untuk membantu pengguna dalam melakukan screenshot.

Untuk mengaktifkan aplikasi bawaan ini, pengguna hanya perlu menekan tombol Shift + Command + 5 secara bersamaan.

Kemudian, aplikasi akan muncul pada layar dengan delapan fungsi tombol yang terletak pada bagian bawah layar perangkat Mac.Tombol pertama memiliki fungsi untuk menangkap tampilan pada layar secara keseluruhan.

Baca juga: Apple Umumkan MacOS Big Sur, Pertama Mendukung ARM

Sementara, tombol kedua berfungsi untuk merekam video dan tombol ketiga berguna untuk melakukan screenshot pada bagian tertentu di layar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber The Verge
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X