Apple Mulai Produksi iPhone 11 di India

Kompas.com - 28/07/2020, 07:02 WIB
Trio iPhone 11 Pro Max, iPhone 11, dan iPhone 11 Pro. CnetTrio iPhone 11 Pro Max, iPhone 11, dan iPhone 11 Pro.

KOMPAS.com - Pabrik rekanan Apple, Foxconn mulai merakit lini iPhone 11 di India. Lokasi pabrik perakit iPhone 11 itu tepatnya berada di kota Chennai.

iPhone 11 hasil rakitan lokal India gelombang awal sudah dikirim ke beberapa gerai Apple Store. Namun menurut salah satu sumber yang enggan diungkap identitasnya, kapasitas produksi iPhone 11 di pabrik perakitan itu masih terbatas.

Apple sendiri berambisi untuk meningkatkan kapasitas produksi iPhone di India. Hal ini menjadi salah satu bukti Apple untuk berusaha melepas ketergantungannya dari pabrik di China.

Seperti diketahui, sebagaian besar iPhone dirakit di pabrik yang ada di China. Namun masalah politik antara AS-China bisa menjadi ancaman produksi iPhone nantinya, mengingat konflik tersebut tak kunjung mereda.

Baca juga: Geser iPhone XR, iPhone 11 Jadi Smartphone Terlaris di Dunia

Apple sejatinya sudah lama memproduksi beberapa model iPhone di India dalam jumlah terbatas.

Sejak tahun 2017, Apple bekerja sama dengan perusahaan asal Taiwan, Wistron untuk memulai perakitan iPhone model lama di Bengalore. Model yang dirakit di sana di antaranya iPhone SE (2016), iPhone 6s, dan iPhone 7.

Apple telah menyetop produksi iPhone SE 2016 dan iPhone 6s tahun lalu, dan kabarnya, pabrik di Bengalore itu kini mulai merakit iPhone XR. Kabar Apple yang memproduksi iPhone di India, diamini oleh Menteri Perdagangan dan Industri India, Piyush Goyal.

"Apple mulai memanufaktur iPhone 11 di India, membawa model papan atas untuk pertama kalinya ke dalam negeri," tulisnya melalui akun Twitter resmi @PiyushGoyalOffc pada 24 Juli lalu.

Apple juga berencana membuka toko online di India dalam beberapa bulan ke depan dan membuka gerai Apple Store pertama di India pada 2021. Hal itu diumumkan langsung oleh CEO Apple, Tim Cook.

Baca juga: Ambisi India Jadi Negara Penghasil Smartphone Terbesar Dunia

Soal toko online, rencana itu masih akan berjalan, meskipun pandemi Covid-19 masih berlangsung dan India menjadi salah satu negara dengan jumlah kasus terbesar.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X