Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Patenkan Ponsel yang Bisa Menyimpan Earphone TWS

Kompas.com - 28/07/2020, 12:17 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ponsel yang dibekali dengan aksesori bawaan (built-in) macam pena pintar (stylus) S Pen di deretan smartphone Galaxy Note besutan Samsung mungkin sudah biasa. Namun, bagaimana dengan aksesori lainnya?

Baru-baru ini, Xiaomi kembali mematenkan desain smartphone futuristik teranyarnya. Uniknya, ponsel tersebut tampak dibekali dengan aksesori earphone true wireless stereo (TWS) yang bisa disimpan di dalam bodi smartphone.

Keberadaan paten tersebut dikuak oleh situs teknologi asal Belanda, LetsGoDigital. Dokumen paten bernama "Mobile phone" dan "Earphone" tersebut baru saja dirilis oleh The Hague International Design System, salah satu divisi dari kantor paten dunia (WIPO), pada 24 Juli lalu.

Baca juga: Paten Desain Unik Ponsel Xiaomi, Punya Dua Kamera Selfie di Dagu

Earphone TWS di perangkat ini sepertinya bakal menjadi aksesori bawaan smartphone tersebut, sama seperti S Pen di Galaxy Note series.

Pengguna pun tampaknya bisa memasukkan aksesori yang mirip earphone Mi True Wireless tersebut ke dalam bodi smartphone lewat dua buah lubang yang tersemat di bagian bingkai atas ponsel.

Ilustrasi earphone TWS yang bisa dimasukkan lewat lubang di bingkai atas ponsel Xiaomi.LetsGoDigital Ilustrasi earphone TWS yang bisa dimasukkan lewat lubang di bingkai atas ponsel Xiaomi.

Agar bisa dimasukkan ke dalam smartphone, ujung earphone TWS (earpiece) bisa diposisikan menghadap ke atas (vertikal) dan bisa berfungsi sebagai speaker. Sementara jika ingin dipakai, earpiece bisa kembali diposisikan menghadap ke samping (horizontal).

Selain earphone, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari LetsGoDigital, Selasa (28/7/2020), ponsel ini juga turut menyembunyikan kamera depannya di bawah layar. |

Baca juga: Xiaomi Luncurkan Monitor Gaming 34 Inci dengan Layar Melengkung

Teknologi kamera bawah layar merupakan inovasi yang terbilang masih sangat baru di Industri ponsel. Salah satu vendor yang getol mengembangkannya adalah Oppo. Xiaomi pun agaknya tak mau ketinggalan, kalau melihat paten perangkat di atas.

Meski demikian, mengingat smartphone yang bersangkutan masih berupa paten, belum diketahui apakah Xiaomi benar-benar berniat mewujudkannya atau sebatas konsep belaka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com