Qualcomm Quick Charge 5 Bisa Isi Penuh Baterai Ponsel dalam 15 Menit

Kompas.com - 28/07/2020, 18:14 WIB
Ilustrasi Quick Charge 5. Youtube/QualcommIlustrasi Quick Charge 5.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Qualcomm resmi memperkenalkan teknologi pengisi daya cepat (fast charging) komersial teranyarnya. Dinamai Qualcomm Quick Charge (QC) 5, standar fast charging tersebut mendukung pengisian cepat dengan daya 100W atau lebih. 

Dengan daya sebesar itu, ponsel berbaterai 4.500 mAh diklaim bisa diisi sebanyak 50 persen dalam waktu 5 menit. Pengisian baterai hingga penuh diklaim hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit.

"Kami dengan bangga memperluas portofolio teknologi kami dan membawa pengisian daya di atas 100W secara komersial,” ujar VP Product Management Qualcomm, Ev Roach, dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Selasa (28/7/2020). 

Baca juga: Oppo Resmikan Teknologi 125W Fast Charge, Isi Baterai Penuh dalam 20 Menit

Dibanding pendahulunya (QC 4/QC 4 Plus), QC 5 disebut mampu mengisi daya perangkat 70 persen lebih efisien, 4 kali lebih cepat, dan 10 derajat Celcius lebih dingin.

Proses tersebut mengandalkan metode pengisian dua baterai (yang digabung menjadi satu) secara paralel, yang masing-masing diisi dengan daya 50 watt (50 watt x 2 = 100 watt), sehingga energi panas tidak terpusat di satu titik.

Teknologi QC 5 juga mendukung fitur USB Power Delivery (USB-PD), backward compatible dengan teknologi QC sebelumnya, serta dibekali dengan sejumlah lapisan proteksi arus listrik dan temperatur untuk turut mengamankan proses pengisian.

Adapun teknologi tersebut nantinya bakal bisa diadopsi oleh ponsel dengan Snapdragon 865, 865 Plus, dan system-on-chip (SoC) premium bikinan Qualcomm lainnya yang bakal hadir di masa depan.

Baca juga: Realme Rilis Teknologi Charging 125W Serupa Oppo

Pihak Qualcomm mengatakan bahwa teknologi QC 5 kini tengah diuji coba dan diprediksi akan mulai hadir di beragam perangkat pada kuartal ketiga 2020.

Secara bersamaan, vendor smartphone asal China, Xiaomi, turut memastikan bahwa mereka bakal meluncurkan perangkat dengan teknologi QC 5. Meski demikian, mereka tidak mengumbar apa nama perangkat tersebut.

"Di masa depan, akan lebih banyak pengguna Xiaomi yang dapat menikmati pengalaman pengisian daya yang cepat, aman, dan canggih dari teknologi Quick Charge 5,” kata Vice President dan Hardware R&D General Manager Mi Phone Xiaomi, Zhang Lei.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X