Twitter Intip Akun Selebritas Pada 2017, Beyonce Salah Satunya

Kompas.com - 29/07/2020, 08:10 WIB
Ilustrasi Twitter ZDNet.comIlustrasi Twitter

KOMPAS.com - Twitter menjadi sorotan setelah peristiwa peretasan dialami beberapa akun orang ternama dunia, seperti Bill Gates, Elon Musk, hingga Barack Obama.

Akun-akun Twitter tersebut dibajak peretas dan dipakai untuk melakukan penipuan Bitcoin, dengan meminta followers-nya mengirim sejumlah nominal Bitcoin yang akan dilipatgandakan jumlahnya.

Namun sebelum kejadian peretasan akun-akun orang penting tersebut, sistem keamanan di dalam internal Twitter diduga sudah lama memiliki celah, dan dipakai untuk mengintip akun milik para selebritas, salah satunya adalah Beyonce.

Sebuah laporan dari Bloomberg menyebut karyawan kontrak Twitter diduga menyalahgunakan alat internal untuk mengintip akun Twitter selebriti, termasuk penyanyi papan atas Beyonce Knowles.

Baca juga: Hacker Intip Isi Direct Message 36 Akun Twitter Ternama yang Diretas

Disebutkan, alat internal itu memungkinkan beberapa pegawai Twitter untuk mereset akun-akun atau merespons laporan konten dari pengguna. Namun, mereka kemungkinan juga bisa menggunakannya untuk mengintip atau meretas sebuah akun.

"Kontrol ini memiliki celah, sehingga pada satu titik, pada tahun 2017 dan 2018, beberapa karyawan kontrak membuat semacam games dengan membuat pertanyaan help-desk palsu," tulis laporan Bloomberg dirangkum KompasTekno, Rabu (29/7/2020).

Help desk palsu itu memungkinkan mereka mengintip akun selebriti, termasuk salah satunya adalah Beyonce.

"Mereka melacak data pribadi mereka, termasuk perkiraan lokasi yang didapat dari alamat IP," tulis laporan Bloomberg.

Aktivitas mengintip akun-akun ternama ini, menurut laporan Bloomberg cukup sering terjadi. Sehingga tim keamanan yang terdiri dari karyawan tetap di Twitter berusaha melacak gangguan tersebut.

Beberapa pekerja kontrak tersebut kabarnya dipekerjakan oleh vendor layanan profesional bernama Cognizant yang hingga kini masih bekerja dengan Twitter.

Halaman:


Sumber The Verge
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X