Pendapatan Indosat Naik 9,4 Persen di Semester Pertama 2020

Kompas.com - 30/07/2020, 14:01 WIB
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Operator seluler Indosat Ooredoo mencatat kinerja positif di semester I 2020. Total pendapatan Indosat meningkat 9,4 persen menjadi Rp 13,5 triliun dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Menurut President Director & CEO Indosat Ooredoo, Ahmad Abdulaziz Al-Neama, hasil ini membuktikan bahwa Indosat masih berada di jalur yang tepat dengan strategi 3 tahun.

"Ini menunjukkan bahwa Indosat Ooredoo telah memertahankan momentum pertumbuhan dan kinerja solid untuk semester pertama 2020. Meskipun ada rintangan pandemi Covid-19," ungkap Al-Neama melalui keterangan resminya.

Baca juga: Indosat Ajak Pelanggan Jualan Paket Data Lewat Kios myIM3

Menurut Ahmad, jumlah pendapatan seluler Indosat (voice, data, sms, interkoneksi, dll) selama enam bulan pertama 2020 meningkat 11,8 persen menjadi Rp 11,1 triliun. Selama periode ini, trafik data tumbuh sebesar 61 persen dibanding tahun lalu.

Jumlah pelanggan Indosat hingga akhir Juni 2020 pun tercatat meningkat 0,9 persen dibandingkan tahun lalu menjadi sebanyak 57,2 juta pelanggan.

Rata-rata pendapatan bulanan per pelanggan (ARPU) juga meningkat menjadi Rp 31.400 dari sebelumnya Rp 27.900 pada semester I 2019.

Adapun EBITDA mencapai Rp 4,4 triliun atau meningkat 22,5 persen dan EBITDA margin tercatat sebesar 40,4 persen meningkat 4,3 persen dari tahun sebelumnya.

Baca juga: Trafik Data Indosat Naik 27 Persen saat Idul Fitri di Tengah Pandemi

"Indosat Ooredoo tetap berkomitmen penuh mendukung agenda digital Indonesia, yang kami harapkan akan menjadi pendorong vital bagi pertumbuhan ekonomi negara di tengah pandemi," pungkas Al-Neama.

Dalam laporan triwulan-I yang dirilis pada April lalu, Indosat juga mencatat adanya kenaikan pendapatan, khususnya untuk pendapatan seluler.

Kala itu, kontribusi pendapatan utama berasal dari layanan data Peningkatan itu disebabkan banyaknya pelanggan yang mengakses internet selama berada dari rumah, di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.