Menelusuri Penyebab Turunnya Trafik Penonton dan Iklan di YouTube

Kompas.com - 30/07/2020, 15:29 WIB
Ilustrasi YouTube user businessinsider.comIlustrasi YouTube user

KOMPAS.com - Sejumlah YouTuber mengakui adanya penurunan trafik penonton dan iklan dari AdSense. Beberapa di antaranya mengatakan penurunan terjadi sejak awal tahun 2020, ada pula yang mengalaminya sejak dimulainya pandemi Covid-19 atau sekitar bulan Februari.

Hal itu tidak hanya dialami YouTuber Indonesia. YouTuber mancanegara juga mengalami masalah yang sama. Mereka beramai-ramai membanjiri laman Support Google dengan keluhan soal trafik dan pendapatan.

Baca juga: YouTuber Indonesia Alami Penurunan Trafik dan Pendapatan

Salah satu YouTuber mengaku jumlah penonton turun hingga 90 persen dalam satu malam.
YouTuber tersebut mengaku mengunggah video setiap hari. Jumlah penonton hariannya konstan antara 50.000-60.000 dalam beberapa bulan terakhir.

Namun pada tanggal 2 April, jumlah penonton anjlok, menjadi sekitar 3.000 per hari dan berkisar di angka yang sama hingga hampir sebulan.

"Video baru masih dilihat oleh subscriber saya pada jam-jam awal, tapi setelah beberapa jam tayang sepertinya tidak menjadi video rekomendasi," tulisnya.

YouTuber lain menimpali dengan mengatakan bahwa dia mengalami penurunan jumlah penonton, dari rata-rata awal 2,2 juta per hari pada pertengahan April menjadi 914.000-an per hari. Selain jumlah penonton, YouTuber lain mengeluhkan penurunan pendapatan.

Namun, beberapa di antaranya mengaku jumlah penonton tetap stabil atau malah mengalami peningkatan. Salah satu YouTuber yang juga mengeluh di laman Support Google mengaku pendapatannya menurun pada bulan Maret-April 2020.

"Pendapatan saya turun 85 persen, paling drastis sehingga saya tidak bisa memperoleh pendapatan. Trafik di kanal saya masih sama seperti sebelumnya," tulis sang YouTuber.

Trafik meningkat, iklan malah turun

Belum ada jawaban resmi dari YouTube pusat akan hal ini. Para kreator menduga salah satu penyebabnya adalah berhentinya berkurangnya iklan.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X