BTS Telkomsel di Wilayah Terluar RI Di-upgrade dengan 4G

Kompas.com - 31/07/2020, 17:04 WIB
Petugas bergotong-royong memperbaiki sarana BTS di lokasi gempa bumi di Palu dan Donggala. Dok. TelkomselPetugas bergotong-royong memperbaiki sarana BTS di lokasi gempa bumi di Palu dan Donggala.

KOMPAS.com - Telkomsel berencana untuk meng-upgrade 1.083 unit BTS yang berada di wilayah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal) dengan koneksi 4G LTE. Proses upgrade BTS-BTS di wilayah 3T tersebut direncanakan selesai pada akhir kuartal III-2020 ini.

Direktur Network Telkomsel, Hendri Mulya Syam menjelaskan bahwa langkah tersebut merupakan wujud pemerataan akses jaringan broadband guna mendukung berbagai aktivitas digital masyarakat di seluruh pelosok negeri, tanpa terkecuali di wilayah 3T.

"Untuk mendukung percepatan adopsi layanan digital sebagai upaya beradaptasi dengan kebiasaan baru di tengah pandemi COVID-19 saat ini,” ungkap Hendri dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (31/7/2020).

Baca juga: Masih Ada Kesenjangan 4G antara Kota dan Desa di Indonesia

BTS-BTS yang berada di wilayah 3T tersebut merupakan BTS yang dibangun dari dana Universal Service Obligation (USO) yang dikembangkan bersama Badan Aksesibilitas dan Informasi (BAKTI) Kominfo.

Dari 1.083 unit BTS USO tersebut, 993 unit di antaranya telah berteknologi 4G LTE. Sedangkan untuk 93 unit BTS USO lain yang sebelumnya terkoneksi 2G, secara bertahap telah dilakukan proses pengembangan teknologi.

Pengembangan BTS USO berteknologi broadband ini juga melengkapi lebih dari 20.000 BTS Telkomsel lainnya yang difokuskan untuk beroperasi melayani kebutuhan akses telekomunikasi masyarakat di wilayah 3T hingga perbatasan negara.

Baca juga: Menara BTS di Inggris Dibakar Massa karena Hoaks Virus Corona

Hingga kuartal I-2020, Telkomsel telah menggelar lebih dari 219.000 unit BTS di seluruh Indonesia, meningkat 11 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Telkomsel juga telah mengoperasikan lebih dari 169.000 unit BTS broadband berbasis 3G dan 4G, yang juga tumbuh sekitar 14 persen dibanding periode yang sama.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X