Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengecek Spesifikasi Komputer dan Laptop Windows 10

Kompas.com - 02/08/2020, 19:06 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sama seperti smartphone, spesifikasi komputer (PC) atau laptop merupakan hal yang penting untuk diketahui oleh pemiliknya.

Sebab, ketika pengguna laptop atau komputer ingin memasang suatu aplikasi, biasanya ada spesifikasi minimum yang harus dipenuhi agar aplikasi berjalan lancar. 

Informasi spesifikasi juga berguna ketika Anda hendak meningkatkan (upgrade) salah satu komponen di komputer, misalnya RAM atau media penyimpanan (storage).

Mengapa? Karena pengguna perlu tahu apa jenis memori dan storage yang didukung oleh sistem.

Ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengecek spesifikasi sebuah laptop atau komputer, khususnya yang berjalan dengan sistem operasi Windows 10.

Berikut ini adalah cara mengecek spesifikasi komputer atau laptop dengan OS Windows 10 tanpa aplikasi tambahan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari WindowsCentral, Kamis (29/7/2020).

1. About Your PC

Cara mengecek spesifikasi komputer atau laptop Windows 10 lewat fitur About your PC.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara mengecek spesifikasi komputer atau laptop Windows 10 lewat fitur About your PC.
Cara pertama yang paling mudah adalah lewat fitur "About your PC". Untuk mengaksesnya, Anda cukup mengetikkan kata kunci (keyword) "About your PC" di menu Start dan tekan tombol Enter.

Baca juga: Cara untuk Meningkatkan Performa PC dan Laptop Windows 10

Beberapa saat kemudian, Anda akan disodori dengan halaman yang menampilkan sejumlah spesifikasi inti dari komputer tersebut.

Bagian "Device specifications" merangkum mencantumkan sejumlah spesifikasi inti komputer.

Beberapa di antaranya seperti model dan nama komputer, prosesor, RAM, jenis sistem, dan lain sebagainya. Pengguna pun bisa mengubah nama komputer dengan meng-klik tombol "Rename this PC".

Sementara bagian "Windows specification" merangkum versi OS yang terpasang di komputer, berikut versi dan tanggal pemasangannya.

2. System Information

Cara mengecek spesifikasi komputer atau laptop Windows 10 lewat fitur System Information.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara mengecek spesifikasi komputer atau laptop Windows 10 lewat fitur System Information.
Berbeda dengan "About your PC", fitur "System Information" bisa dipakai untuk melihat spesifikasi komputer lebih rinci.

Untuk mengaksesnya, Anda cukup mengetikkan keyword "System information" di menu Start dan tekan Enter.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com