Netflix Diunduh Lebih dari 1 Miliar Kali di Google Play Store

Kompas.com - 03/08/2020, 08:03 WIB
Ilustrasi Netflix User cnet.comIlustrasi Netflix User

KOMPAS.com -  Netflix mencatatkan rekor baru. Layanan video streaming on-demand ini telah diunduh lebih dari 1 miliar kali di Google Play Store.

Angka tersebut jauh melampaui layanan streaming sejenis.

Sebut saja Amazon Prime yang jumlah unduhannya pada level 100 juta hingga 500 juta kali, kemudian Hulu yang diunduh antara 50 juta sampai 100 juta kali, dan HBO Go yang jauh di bawah dengan lima juta kali diunduh pengguna.

Tingginya jumlah unduhan ini tak lepas dari pandemi Covid-19, yang membuat banyak orang menghabiskan waktunya di rumah. Salah satu aktivitas yang dilakukan adalah menonton film lewat aplikasi streaming, termasuk Netflix.

Bahkan pada bulan Maret lalu, Netflix berinisiatif menurunkan kualitas streaming videonya di wilayah Eropa. Tujuannya tak lain untuk mencegah terjadinya lonjakan trafik dan mengurangi bandwidth internet.

Baca juga: Netflix Uji Coba Paket Langganan Baru Khusus Smartphone

Langkah tersebut diambil setelah Kepala Industri wilayah Uni Eropa, Thierry Breton, memanggil sejumlah penyedia layanan video streaming dan meminta mereka untuk mengurangi beban infrastruktur internet akibat kebijakan selama pandemi.

Tak hanya Netflix, penyedia layanan video streaming lainnya juga melakukan langkah serupa, termasuk YouTube, Disney Plus, dan Amazon Prime Video.

Meski begitu, Netflix tampaknya akan mendapat perlawanan ketat dari layanan streaming Disney Plus. Pasalnya, meski belum genap satu tahun dirilis layanan ini sudah diunduh lebih dari 10 juta kali.  

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Senin (3/8/2020), Netflix sendiri merupakan layanan video streaming on-demand yang dapat diakses melalui sejumlah perangkat seperti smartphone, smartTV, tablet, PC, dan laptop.

Baca juga: Jalan Panjang Telkom-Netflix yang Akhirnya Rujuk

Sejak didirikan pada tahun 1997, Netflix menjadi pelopor penyedia layanan sewa film secara online. Pada saat itu, Netflix mengakomodasi arsip film paling lengkap dengan wilayah pengoperasian terbanyak.

Namun, seiring meningkatnya penetrasi internet, layanan video streaming serupa pun kini semakin bermunculan.



Sumber gsmarena
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X