Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Mulai Tayangkan Video Musik Resmi, Mau Saingi YouTube?

Kompas.com - 03/08/2020, 18:23 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Facebook punya fitur baru. Seperti YouTube, Facebook kini menayangkan video klip musik resmi di platform-nya.

Fitur tersebut baru hadir untuk pengguna di wilayah Amerika Serikat, Thailand, dan India. Fitur video musik ini hadir dengan menggandeng sejumlah label musik populer seperti Sony Music, Universal Music Group, hingga Warner Music Group.

Di India, Facebook bekerja sama dengan label besar lokal di sana, seperti T-Series Music, Zee Music Company, Yash Raj Films, dan Saregama.

"Selama beberapa tahun terakhir, kami bekerja sama dengan mitra di musik industri di India untuk membangun pondasi pengalaman video musik bagi pengguna dan senang merilis video musik resmi di Facebook," kata Manish Chopra, dihimpun dari Times of India.

Video-video dari musisi favorit label tersebut nantinya akan bisa disaksikan melalui tab Facebook Watch atau halaman resmi sang musisi. Sebagaimana konten lainnya, penonton juga bisa membagikan video, memberikan reaksi, dan komentar di video tersebut.

Sebelum fitur ini hadir, Facebook biasanya hanya bisa menayangkan potongan video klip resmi dari musisi. Keterbatasan tersebut berkenaan dengan izin dan lisensi resmi dari label yang menaungi musisi bersangkutan. 

Baca juga: Chat di Facebook Messenger Kini Bisa Dikunci Pakai Face ID

Dengan adanya fitur baru ini, Facebook akan bersaing dengan YouTube yang masih menjadi platform berbagi video terbesar. Pasalnya, saat ini musisi dan label masih mengandalkan YouTube sebagai salah satu medium untuk mempublikasi video klip resminya.

Menurut laporan Bloomberg, Facebook memprediksi bahwa pendapatan iklan yang menguntungkan akan berasal dari layanan video.

Dalam peluncuran perdananya, Facebook menggelontorkan beberapa video dari beberapa musisi seperti J Balvin, Karol G, Sebastián Yatra, Alejandro Fernández, dan Calibre 50.

Ada pula selebriti asal Amerika Serikat, Lele Pons, yang secara ekslusif akan merilis video musik terbarunya lewat fitur baru Facebook tersebut.

Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Senin (3/8/2020) Facebook juga akan memberikan pendanaan khusus bagi musisi yang bersedia menayangkan video musiknya secara eksklusif di Facebook.

Baca juga: Mirip Zoom, Facebook Messenger Kini Punya Fitur Screen Sharing

Selain itu, penggemar juga bisa mengenal musisi idolanya dengan lebih dekat. Pengguna bisa menonton sejumlah konten tambahan, seperti proses di balik layar pembuatan video dan laman artis atau labelnya.

Fitur ini telah tersedia di Facebook versi mobile untuk platform Android maupun iOS dan akan segera hadir ke versi desktop.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com