Tips Memanfaatkan Tablet untuk Belajar Online

Kompas.com - 04/08/2020, 09:09 WIB
Galaxy Tab S6 Lite Notebook CheckGalaxy Tab S6 Lite
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat sekolah-sekolah di Indonesia menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar secara online. Siswa sekolah pun belajar dari rumah dengan menggunakan komputer atau gadget.

Salah satu gadget yang dapat digunakan untuk keperluan ini adalah komputer tablet. Ukuran layarnya lebih besar dibandingkan smartphone, tapi lebih ringkas dari laptop.

Baca juga: 3 Tips Produktif saat WFH dengan Tablet Android

Supaya kegiatan belajar mengajar bisa berlangsung dengan lebih efektis sekaligus menghibur, ada sejumlah tips yang bisa dicoba dengan perangkat tablet, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari keterangan tertulis Samsung, Selasa (4/8/2020).

Rekam pembelajaran dengan voice recorder

Seperti smartphone, tablet juga biasanya memiliki fasilitas perekam suara alias voice recorder. Demikian pula dengan tablet Galaxy Tab S6 Lite yang dirilis Samsung beberapa waktu lalu. 

Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk merekam sesi kelas online saat berlangsung. Saat kelas selesai, rekaman bisa diputar ulang untuk membantu anak mengingat pelajaran.

Orang tua juga bisa membuat eksperimen berupa podcast bersama anak terkait materi pembelajaran.

Galaxy Tab S6 Lite juga memiliki aplikasi My Magic Voice untuk merekam suara dan memutarnya dengan berbagai efek suara yang menarik untuk anak sehingga proses belajar tak terasa membosankan.

Jalankan aktivitas bersama anak

Sebagian anak suka melakukan kegiatan belajar dengan melibatkan banyak herakan tubuh. Untuk memfasilitasi hal ini, Samsung menawarkan Galaxy Apps for Kids yang bisa diakses di Kids Mode.

Baca juga: Bisakah Tablet Menggantikan Laptop untuk Bekerja dari Rumah?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X