Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/08/2020, 12:14 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Layanan streaming film Disney Plus dipastikan masuk Indonesia pada 5 September mendatang. Indonesia akan menjadi negara pertam di Asia Tenggara yang kedatangan layanan ini.

Kabar ini diumumkan langsung oleh akun Twitter resmi Disney Plus Hotstar ID pada Rabu (5/8/2020). Akun Twitter tersebut terbilang baru. Dilihat dari deskripsinya, akun @DisneyPlusHSID dibuat pada Juli 2020 dan baru mengunggah satu twit.

Selain akun Twitter, halaman resmi preview.disneyplus.com/id juga sudah tersedia. Namun, halaman tersebut belum menampilkan informasi apapun kecuali sebuah formulir untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait Disney Plus di Indonesia.

Hingga saat ini, belum ada informasi berapa harga berlangganan yang akan dipatok untuk menikmati layanan Disney Plus.

Baca juga: Layanan Streaming Film Disney Plus Tembus 50 Juta Pengguna

Dirangkum KompasTekno dari Tech Crunch, Rabu (5/8/2020), harga langganan Disney Plus di Asia tenggara kemungkinan berkisar di atas 30 dollar AS (sekitar Rp 400.000-an) per tahun.

Namun itu masih perkiraan, belum ada informasi resmi yang kemungkinan baru akan diumumkan mendekati hari peluncuran September mendatang.

Kabar Disney Plus yang akan melebarkan sayap ke Asia Tenggara sudah terendus sejak akhir 2019 lalu. Di Asia Tenggara, Disney berkolaborasi dengan platform streaming ternama asal India yakni Hotstar.

Melalui Hotstar, Disney Plus akan memberikan beragam katalog konten yang dibuat oleh studio-studio yang berada di bawah naungan Disney, seperti Pixar, Marvel, 20th Century Fox, hingga National Geographic.

Hotstar juga menyediakan konten video Bollywood dan beragam channel internasional seperti Showtime, HBO, hingga TV milik Disney, ABC.

Disney Plus sendiri saat ini sudah beroperasi di beberapa negara. Di antaranya adalah Amerika Serikat, Kanada, Belanda, Australia, Selandia Baru, Inggris, Jerman, Italia, Perancis, dan Spanyol.

Saat ini, jumlah pelanggan Disney Plus secara global disebut mencapai 60,5 juta sejak diluncurkan November 2019 lalu.

Di Asia Tenggara, ada sejumlah layanan streaming film yang sudah lebih dulu hadir seperti Netflix dan Viu. Disney Plus akan berhadapan langsung dengan layanan tersebut. 

Baca juga: Netflix Naikkan Harga Langganan di Indonesia Mulai Hari Ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com