Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diperbarui, Apple iMac 27 Inci Kini Lebih Bertenaga

Kompas.com - 05/08/2020, 13:07 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Apple

KOMPAS.com - Pekan ini, Apple memperbarui lini komputer iMac 27 inci besutannya dengan sejumlah peningkatan spesifikasi. Salah satu yang diperbarui adalah aspek performa. Jajaran iMac 25 inci kini lebih bertenaga dengan prosesor Intel Core generasi ke-10 (Comet Lake).

Ada tiga konfigurasi prosesor yang bisa dipilih, yakni Intel Core i5, i7, atau i9. Dengan prosesor anyar itu, Apple mengklaim perangkat iMac teranyar mampu menjalankan plug-in Logic Pro X 65 persen lebih banyak dibandingkan generasi sebelumnya.

Jajaran iMac 27 inci terbaru juga ditenagai dengan pengolah grafis (GPU) Radeon 5000 series. Ada empat varian GPU yang bisa dipilih, yakni Radeon Pro 5300 (4 GB), Radeon Pro 5500 XT (8 GB), Radeo Pro 5700 (8 GB), hingga Radeon Pro 5700 XT (16 GB).

Baca juga: Apple Cegah Servis Nonresmi untuk MacBook dan iMac Pro

Apple turut mengklaim bahwa GPU teranyar ini memungkinkan pengguna melakukan proses render di aplikasi Final Cut Pro X 30 persen lebih ngebut dibanding pendahulunya.

Untuk menggenjot performa lebih lanjut, iMac 27 inci teranyar ini bisa dipadankan dengan RAM DDR4 (2.666 MHz) hingga 128 GB dan media penyimpanan SSD hingga 8 TB.

Desain  yang diusung iMac berukuran 27 inci ini sebenarnya masih sama persis dengan generasi sebelumnya. Panel yang diusung masih 5K Retina Display yang memiliki tingkat kecerahan 500 nits.

Meski demikian, layar iMac 27 inci kini mendukung teknologi True Tone yang mampu menyesuaikan tingkat kecerahan layar secara otomatis dengan tingkat pencahayaan di dalam ruangan.

Baca juga: Peluncuran iPhone 12 Menyalahi Tradisi Tahunan Apple?

Layar tersebut juga kini dilindungi dengan lapisan nano-texture yang memungkinkan pengguna melihat aneka konten yang ditampilkan di iMac dengan jelas meski kondisi ruangan dipenuhi cahaya terang.

Fitur pendukung lainnya mencakup kamera 1080p FaceTime HD dan tiga buah mikrofon yang mengandalkan chip keamanan Apple T2. Meski dibekali dengan chip tersebut, fitur Face ID dan Touch ID yang hadir di MacBook masih belum tersemat di iMac teranyar ini.

Di Amerika Serikat, iMac 27 inci generasi terbaru ini dijual dengan harga mulai 1.799 dolar AS atau sekitar Rp 26,3 juta.

iMac dan iMac Pro 21,5 inci

Selain iMac 27 inci, Apple juga memperbarui iMac dan iMac Pro 21,5 inci besutannya.

Alih-alih media penyimpanan berbasis hard disk drive (HDD), iMac 21 inci kini dibekali dengan SSD secara bawaan hingga 1 TB, atau konfigurasi Fusion Drive (gabungan antara HDD dan SSD) dengan kapasitas yang sama.

Baca juga: Dua Cara Mengambil Screenshot di Komputer Mac

Untuk iMac Pro 21,5 inci, perangkat tersebut kini ditenagai dengan prosesor Intel Xeon W dengan konfigurasi standar yang memiliki 10 inti (core) CPU. Pengguna lantas bisa memilih dua konfigurasi lainnya, yakni Intel Xeon W yang memiliki 14 atau 18 core.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Apple.com, Rabu (5/8/2020), iMac dan iMac Pro 21,5 inci versi terbaru dibanderol dengan harga mulai 1.099 dolar AS (sekitar Rp 16 juta) dan 4.999 dolar AS (sekitar Rp 73,2 juta).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Apple


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com