Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pandemi Covid-19 Dongkrak Pasar Tablet Dunia

Kompas.com - 05/08/2020, 19:28 WIB
Conney Stephanie,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jumlah pengiriman perangkat tablet secara global mengalami peningkatan di kuartal kedua (Q2) 2020 ini. Menurut firma riset pasar IDC, peningkatan tersebut disebabkan oleh pandemi Covid-19.

Pandemi yang masih belum usai membuat banyak negara menerapkan kebijakan bekerja dan belajar dari rumah. Hal itulah yang memicu pertumbuhan jumlah pengiriman tablet selama periode April hingga Juni lalu.

Laporan IDC menunjukkan total pengiriman perangkat tablet dunia meningkat hingga 18,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Apple masih menjadi vendor yang mendominasi pasar tablet dunia dengan pangsa pasar 32,3 persen dan total pengiriman perangkat sebanyak 12,4 juta unit selama tiga bulan terakhir.

Pencapaian tersebut diperoleh berkat penjualan perangkat iPad 10,2 inci.

Meski menduduki posisi teratas di pasar tablet dunia, Apple merupakan vendor yang mengalami pertumbuhan paling kecil di antara empat vendor lainnya yaitu Samsung, Huawei, Amazon, dan Lenovo.

Baca juga: Bisakah Tablet Menggantikan Laptop untuk Bekerja dari Rumah?

Keempat merek tersebut tercatat mengalami peningkatan mencapai lebih dari 40 persen dari periode yang sama di 2019. Sementara pertumbuhan Apple hanya 1,3 persen.

Huawei dan Lenovo menjadi dua vendor yang pertumbuhannya paling signifikan. Bahkan, pertumbuhan Lenovo mencapai lebih dari 50 persen.

Total pengiriman perangkat tablet dunia kuartal II-2020thenextweb.com Total pengiriman perangkat tablet dunia kuartal II-2020
Jika dilihat dari diagram di atas, Samsung berada di posisi kedua dengan pertumbuhan jumlah pengapalan tablet hingga 42,5 persen dengan total pengiriman 7 juta unit pada Q2 2020.

Tidak disebutkan perangkat mana yang menjadi penyumbang terbesar bagi Samsung. Namun, pada kuartal kedua lalu, Samsung merilis Galaxy Tab S6 Lite yang menjadi tablet versi murah Galaxy Tab S6.

Di belakang Samsung, ada Huawei yang menempati posisi ketiga dengan pertumbuhan mencapai 43,5 persen dan total pengiriman tablet sebanyak 4,8 juta unit.

Amazon tercatat mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan mencapai 52 persen dengan mengirimkan 3,6 juta unit perangkat tablet. Tablet Amazon Fire HD 8 menjadi perangkat yang paling berkontribusi terhadap pertumbuhan ini.

Baca juga: Tips Memanfaatkan Tablet untuk Belajar Online

Ada pula Lenovo yang berada di peringkat ke lima dengan pertumbuhan pengiriman perangkat tablet hingga 51 persen, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Next Web, Rabu (5/8/2020).

Secara keseluruhan, tercatat bahwa total pengiriman perangkat tablet dunia mencapai 38,6 juta unit selama April hingga Juni lalu.

Angka tersebut meningkat tajam dibandingkan pada kuartal yang sama di tahun 2019 yang hanya memiliki total pengiriman sebanyak 32,6 juta unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com