Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy Watch 3 Resmi dengan "Rotating Bezel" Fisik

Kompas.com - 05/08/2020, 23:11 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bersamaan dengan peluncuran Galaxy Note 20 series, Samsung turut memperkenalkan perangkat wearable teranyarnya, Galaxy Watch 3.

Arloji pintar (smartwatch) tersebut merupakan penerus dari Galaxy Watch generasi pertama yang dirilis pada 2018 lalu dan dibekali dengan sejumlah peningkatan signifikan.

Meski demikian, ada satu fitur yang dipertahankan, yakni fitur bezel yang bisa diputar (rotating bezel) yang bisa dibilang merupakan fitur ikonik khas Samsung.

Dengan fitur ini, pengguna bisa merasakan sensasi memutar bingkai fisik di sekeliling layar untuk bernavigasi di antarmuka perangkat wearable tersebut.

"Rotating bezel mempermudah pengguna untuk bernavigasi dan mengontrol aplikasi serta musik di Galaxy Watch 3," ujar Brand Marketing Samsung, Yoonie Park, di peluncuran Galaxy Unpacked yang digelar secara online, Rabu (5/8/2020).

Arloji pintar teranyar Samsung ini juga kini dibekali dengan fitur pengukur kadar oksigen dalam darah (SpO2) dan fitur electrocardiogram (ECG) yang bisa digunakan untuk mengukur tekanan darah.

"Kami memboyong fitur baru untuk membantu pengguna memantau kesehatan, termasuk fitur electrocardiogram (ECG) untuk memantau tekanan darah dan fitur yang bisa mengukur kadar oksigen dalam darah," imbuh Yoonie.

Baca juga: Harga Samsung Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra di Indonesia

Ada juga fitur untuk merekam berbagai aktivitas olahraga, serta pengukur detak jantung dan sensor pendeteksi jatuh (fall detection). Fitur fall detection ini nantinya bisa mengirimkan pesan SOS ke kontak darurat apabila pengguna jatuh atau tersandung.

Spesifikasi Galaxy Watch 3

Galaxy Watch3 resmi dirilis. Samsung Galaxy Watch3 resmi dirilis.

Samsung Galaxy Watch 3 hadir dalam dua ukuran, yaitu 41 mm dan 45 mm.

Secara tampilan, Galaxy Watch 3 mengusung desain premium dengan balutan warna mentereng yang terkesan mewah. Layarnya berjenis AMOLED dengan diagonal 1,2 inci (41 mm) dan 1,4 inci (45 mm) dan resolusi 360 x 360 piksel.

Perangkat ini diotaki chip Exynos 9110 dengan kapasitas RAM 1 GB dan memori internal 8 GB, didukung baterai 247 mAh (untuk model 41 mm) dan 340 mAh (45mm).

Fitur lain yang melengkapi arloji pitar ini adalah, sensor GPS, NFC, konektivitas WiFi, Bluetooth 5.0, fitur anti air dengan tingkat ketahanan IP68, dan mendukung hingga 80.000 tema (watch face) yang bisa digonti-ganti.

Baca juga: Smartphone Lipat Samsung Galaxy Z Fold 2 Resmi Meluncur

Arloji pintar tersebut hadir dengan tiga varian warna, yakni Mystic Bronze, Mystic Black, dan Mystic White untuk material berbahan stainless steel dan tali (strap) berbahan kulit (leather).

Sementara untuk material berbahan titanium yang pertama kali hadir di seri Galaxy Watch, hanya ada satu warna yang bisa dipilih, yakni Mystic Black, dengan strap berbahan metal.

Galaxy Watch 3 dibanderol dengan harga 449 dollar AS (sekitar Rp 6,5 juta, versi LTE) dan 399 dollar AS (sekitar Rp 5,7 juta, versi Bluetooth) untuk varian berbahan stainless steel.

Untuk versi titanium, harga arloji pintar tersebut dipatok di angka 479 dollar AS (sekitar Rp 6,9 juta, versi LTE) dan 429 dollar AS (sekitar Rp 6,2 juta, versi Bluetooth).

Baca juga: Samsung Umumkan Duo Tablet, Galaxy Tab S7 dan S7 Plus

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com