Google Jelaskan Mengapa Pixel 4a Tak Punya Versi XL

Kompas.com - 06/08/2020, 19:07 WIB
Google Pixel 4 dan Pixel 4 XL tampak belakang. Angela Lang/CNETGoogle Pixel 4 dan Pixel 4 XL tampak belakang.

KOMPAS.com - Google telah resmi mengungkap tiga nama smartphone Pixel terbaru yang akan meluncur akhir tahun ini. Ketiga perangkat yang dimaksud adalah Pixel 4a, Pixel 4a ( 5G), dan Pixel 5.

Untuk Pixel 4a sendiri, hanya tersedia dalam satu model tanpa varian "XL" yang berukuran lebih besar. Sebelumnya di seri Pixel 3a, Google menyertakan varian Pixel 3a XL.

VP Product Management Google Pixel, Brian Rakowski mengatakan bahwa ditiadakannya versi "XL" sejalan dengan inisiatif perusahaan untuk mengefisiensi pengeluaran biaya.

"Kami membatasi konfigurasi ponsel Pixel terbaru yang akan datang dengan tidak menghadirkan versi XL untuk mengefisiensi dana," kata Brian.

Baca juga: Google Pixel 5 dan Pixel 4a 5G Akan Dirilis Akhir 2020

Tujuan lainnya, Google ingin meminimalisir kapasitas penggunaan bahan, dan mengurangi jumlah SDM untuk memproduksi perangkat Pixel itu sendiri.

"Karena Pixel 4a lebih mudah dibuat, jadi hanya membutuhkan sedikit tenaga manusia untuk memproduksinya. Jika perangkatnya lebih mudah dibuat, maka pengeluaran biaya juga lebih sedikit," lanjut Brian.

Google pun mengatakan bahwa perusahaan akan fokus mengembangkan produk ponsel Pixel dari segi spesifikasi dan harga yang terjangkau.

Hal itu merujuk pada data yang dirilis oleh firma riset Strategy Analytics yang menyebut bahwa pada 2020, ponsel Android dengan harga murah lebih laris dibandingkan smartphone flagship.

Ponsel dengan harga terjangkau yang dimaksud seperti Samsung Galaxy A51 dan Xiaomi Redmi 8.

Baca juga: Google Pixel 4a Resmi Meluncur Tanpa Versi XL

Dari sejumlah bocoran yang telah beredar sebelumnya, Pixel 4a (5G) disinyalir akan menjadi ponsel 5G pertama dari Google yang akan dibekali dengan chipset Snapdragon 765G, yang merupakan prosesor 5G kelas menengah.

Dihimpun KompasTekno dari Engadget, Kamis (6/8/2020), Pixel 4a (5G) kabarnya akan dibanderol dengan harga 499 US dollar atau sekitar Rp 7,2 juta.

Kendati begitu, Google pun belum mengonfirmasi kapan tanggal peluncuran akan diselenggarakan. Kita tunggu saja.



Sumber ENGADGET
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X