Ponsel Lipat Google Meluncur Tahun Depan?

Kompas.com - 07/08/2020, 14:09 WIB
Ilustrasi Pixel 4a dengan warna Just Black. GSMArenaIlustrasi Pixel 4a dengan warna Just Black.
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Beberapa vendor ponsel Android sudah membuat ponsel lipat. Google selaku pemilik sistem operasi tersebut agaknya tak mau ketinggalan.

Ponsel layar lipat pertama milik Google disinyalir akan meluncur tahun depan. Kabar itu muncul dari bocoran sebuah dokumen Android internal milik Google.

Dokumen yang bersangkutan berisi informasi tentang build OS Android dari semua ponsel Pixel sejak Pixel 2, baik yang telah diluncurkan maupun yang belum diumumkan.

Baca juga: Belum Setahun, Google Sudah Hentikan Penjualan Pixel 4 dan 4 XL

Dari sini diketahui ada perangkat berkode nama "Passport" yang diduga merupakan calon ponsel lipat Google karena secara eksplisit disebut sebagai perangkat "foldable" di dalam dokumen, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9to5Google, Jumat (7/8/2020).

Passport diproyeksikan akan meluncur pada kuartal keempat (Q4) atau akhir tahun 2021 bersama dua ponsel lain dengan kode nama "Raven" dan "Oriole" yang kemungkinan merupakan dua model dari seri Pixel 6.

Ketiga ponsel tersebut sepertinya bakal menjadi andalan Google tahun depan. Untuk 2020, setelah Pixel 4a, Google sedang mempersiapkan Pixel 4a 5G dan lini Pixel 5 yang juga dibekali 5G. Keduanya dijadwalkan meluncur menjelang akhir tahun.

Baca juga: Google Pixel 5 dan Pixel 4a 5G Akan Dirilis Akhir 2020

Kabar mengenai ponsel layar lipat besutan Google sejatinya bukan hal baru. Sejak tahun lalu, sudah beredar rumor bahwa raksasa mesin pencari ini memang tengah merancang sebuah foldable phone.

Bahkan ketika itu, salah satu petinggi Google, Mario Queiroz, secara implisit mengatakan bahwa Google memang tengah merancang ponsel layar lipat. Google juga sempat dikabarkan telah mematenkan desain ponsel layar lipat.




Sumber 9To5Google
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X