Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamera Galaxy Note 20 Ultra Punya Laser AF, Apa Fungsinya?

Kompas.com - 07/08/2020, 16:04 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber SamMobile

KOMPAS.com - Samsung resmi memperkenalkan dua ponsel flagship terbarunya, Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra dalam ajang Galaxy Unpacked yang digelar secara online 5 Agustus.

Keduanya sama-sama mengunggulkan sektor kamera, terutama kamera belakang. Namunn ada perbedaan fitur kamera antara Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra, yakni fitur Laser Autofokus (AF). 

Fitur Laser AF hanya diberikan Samsung pada lini Galaxy Note 20 Ultra saja. Lantas, apa fungsi Laser AF ini?

Baca juga: Spesifikasi Lengkap serta Harga Samsung Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra Versi Indonesia

Fitur Laser AF di Galaxy Note 20 Ultra membantu software kamera mengenali objek dan mengunci fokus dengan lebih cepat.

Modul Laser AF akan menembakkan sinar inframerah yang kasat mata, menuju objek yang dibidik. Kemudian software kamera akan menghitung jarak antara lensa kamera dengan objek berdasar pengukuran yang dilakukan oleh sinar laser inframerah tadi.

Laser AF di galaxy Note 20 Ultra diklaim Samsung memiliki kinerja autofocus yang andal dan dapat bekerja secara otomatis mengenali objek di sekeliling kamera.

Laser AF juga diklaim bisa membantu kamera mempercepat fokus ketika memotret dalam kondisi minim cahaya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dar situs resmii Samsung, Jumat (7/8/2020).

Dengan adanya Laser AF, pengguna akan merasa lebih mudah mengunci fokus dengan cepat dan tepat.

Baca juga: Samsung Janji Perbarui OS di Ponsel Galaxy hingga Tiga Generasi

Galaxy Note 20 Ultra secara total mempunyai empat kamera yang terdiri dari tiga kamera belakang, dan satu kamera depan (selfie) 10 MP (f/2.2) dengan desain punch hole.

Tiga kamera belakang Galaxy Note 20 Ultra terdiri dari kamera wide angle 108 MP (f/1.8), kamera telephoto 12 MP (f/3.0), dan kamera ultra wide 12 MP (f/2.2). Galaxy Note 20 Ultra juga memiliki kemampuan zoom hybrid hingga 50x.

Selain itu, ada pula fitur Optical Image Stabilizer (OIS) untuk meredam guncangan atau getaran tangan pengguna, sehingga gambar video atau foto yang dihasilkan tetap terlihat stabil dan tidak blur.

Untuk perekaman video, Galaxy Note 20 Ultra dibekali dengan sejumlah mode kamera, di antaranya yaitu Live focus, Live focus Video, Pro Video, Super Slow-mo, Slow motion 1080p (240 fps), dan Hyperlapse (1080p).

Di Indonesia, Galaxy Note 20 Ultra hadir dalam tiga varian warna yaitu Mystic Bronze, Mystic Black, dan Mystic White. Harga Samsung Galaxy Note 20 Ultra di Indonesia adalah Rp 17.999.000 untuk versi 8 GB/256 GB, dan Rp 19.999.000 untuk versi 8 GB/512 GB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SamMobile


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com