Stylus S Pen di Galaxy Note 20 Series Makin Canggih, Seperti Apa?

Kompas.com - 07/08/2020, 18:11 WIB
Galaxy Note 20. SamsungGalaxy Note 20.

KOMPAS.com - Melalui acara bertajuk Galaxy Unpacked, Samsung resmi meluncurkan ponsel flagship terbarunya, Galaxy Note 20 dan Galaxy Note 20 Ultra. Salah satu ciri khas yang dimiliki lini Galaxy Note adalah stylus S Pen.

Aksesori ini telah menjadi pendamping setia lini Galaxy Note sejak pertama kali dirilis Samsung. Samsung pun menyempurnakan S Pen dari waktu ke waktu.

Pada S Pen yang hadir di Galaxy Note 20 series ini, Samsung mampu mengurangi angka latency pada perangkat.

S Pen pada Galaxy Note 20 Ultra memiliki angka latency 9 ms. Sementara S Pen yang hadir pada Galaxy Note 20 reguler, memiliki latency yang lebih besar yakni di angka 26 ms.

Namun, kedua angka tersebut jauh lebih rendah dibanding S Pen pada Galaxy Note generasi sebelumnya yang mencapai 42 ms.

Alhasil, S Pen mampu menyesuaikan pergerakan stylus dengan output tampilan pada layar dengan akurat.

Baca juga: Hari Ini, Samsung Buka Pre-order Galaxy Note 20 Series di Indonesia

Pengalaman saat menggunakan S Pen pun diklaim hampir serupa layaknya pengguna menulis di atas kertas menggunakan pena sungguhan.

Perbedaan tersebut rupanya turut dipengaruhi oleh besarnya refresh rate yang dimiliki layar masing-masing smartphone. Galaxy Note 20 Ultra memiliki layar dengan refresh rate mencapai 120 Hz.

Pada layar tersebut, S Pen dengan latency 9 ms diklaim dapat bekerja lebih cepat dan lebih responsif.

Sementara Galaxy Note 20 reguler masih memiliki refresh rate di angka 60 Hz, meski demikian, pengalaman menulis menggunakan S Pen di kedua perangkat Galaxy Note 20 Series diklaim hampir sama.

Halaman:


Sumber ZDNet
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X