Ini Bedanya Galaxy Z Fold 2 dengan Galaxy Fold Generasi Pertama

Kompas.com - 10/08/2020, 11:11 WIB
Ilustarsi Galaxy Z Fold 2. SamsungIlustarsi Galaxy Z Fold 2.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Samsung resmi memperkenalkan ponsel lipat terbarunya, Galaxy Z Fold 2 pekan lalu. Meski telah diperkenalkan, Samsung masih belum membeberkan spesifikasi lengkap dari Galaxy Z Fold 2.

Vendor smartphone asal Korea Selatan ini berjanji akan mengungkap informasi lebih lanjut pada 1 September mendatang.

Namun baru-baru ini, seorang staf XDA Developer yang juga merupakan pembocor gadget kenamaan, Max Weinbach, mengumbar lembar spesifikasi lengkap dari Galaxy Z Fold 2.

Sama seperti pendahulunya, Galaxy Fold, mekanisme lipatan Galaxy Z Fold 2 seperti layaknya sebuah buku. Meski serupa, ada sejumlah peningkatan yang dibawa oleh Galaxy Z Fold 2, khususnya desain dan spesifikasi.

Dari bagian depan, misalnya, layar utama Galaxy Z Fold 2 kini mengusung tampilan yang lebih elegan dengan bezel yang lebih tipis.

Layarnya berjenis Dynamic AMOLED 2X (Y-OCTA) yang dirancang khusus untuk perangkat lipat dan dilapisi dengan kaca fleksibel "Ultra Thin Glass".

Ultra Thin Glass pertama kali diperkenalkan di Galaxy Z Flip. Lapisan yang ada di Galaxy Z Fold 2 diklaim lebih tipis namun tetap lebih kuat dibanding generasi sebelumnya.

Baca juga: Galaxy Note 20 Ultra Punya Layar 120 Hz, Ini Fungsinya

Ukuran layar utama Galaxy Z Fold 2 sendiri tercatat di angka 7,6 inci (resolusi Full HD Plus, rasio layar 5:4), serta memiliki refresh rate 120 Hz dan mendukung Flex Mode, sebuah fitur yang sempat disematkan pula di Galaxy Z Flip.

Ilustrasi Galaxy Z Fold 2 tampak depan.XDADevelopers Ilustrasi Galaxy Z Fold 2 tampak depan.
Dengan mode ini, pengguna bisa melipat ponsel dengan posisi 90 hingga 120 derajat, sehingga mereka bisa memakai dua layar, serta menjalankan dua aplikasi, secara bersamaan.

Galaxy Z Fold 2 turut dibekali dengan layar sekunder yang aktif ketika ponsel ditutup. Dengan panel Super AMOLED 6,23 inci (resolusi HD Plus dan rasio layar 25:9), layar ini juga lebih lapang dibanding Galaxy Fold generasi pertama. Angka refresh rate layar sekunder ini 60 Hz.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X