Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamera DSLR dan Mirrorless Nikon Kini Bisa Dipakai Video Call

Kompas.com - 10/08/2020, 14:08 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber PetaPixel

KOMPAS.com - Para pemilik kamera DSLR dan mirrorless buatan Nikon kini bisa menggunakan kameranya sebagai pengganti webcam untuk video conferencing dan live streaming.

Dengan aplikasi Nikon Beta Webcam Utility (versi 0.9.0) yang baru dirilis, hal itu bisa dilakukan tanpa butuh capture card terpisah. Kualitas video dari kamera DSLR dan mirrorless tentu akan lebih tinggi dibanding kebanyakan webcam.

Nikon mengikuti jejak pabrikan kamera lain, seperti Canon, Fujifilm, dan Panasonic, yang telah lebih dulu merilis aplikasi serupa untuk produk kamera masing-masing.

Baca juga: Cara Video Call 50 Orang di WhatsApp Web via Messenger Rooms

Nikon Beta Webcam Utility memungkinkan pengguna menancapkan kamera ke komputer lewat port USB. Selanjutnya, tinggal pilih "Webcam Utility" sebagai sumber video di aplikasi telekonferensi atau live streaming untuk menampilkan gambar tangkapan kamera.

Namun, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PetaPixel, Senin (10/8/2020), perlu ditambahkan bahwa tak semua kamera Nikon bisa dipakai sebagai webcam dengan utility ini.

Nikon Beta Webcam Utility kompatibel dengan semua model mirrorless sang pabrikan, termasuk model terbaru seperti Z5, berikut DSLR NikonD6, D850, D780, D500, D7500, dan D5600.

Model DSLR entry-level D3500 tidak masuk daftar kompatibilitas, demikian juga dengan kamera saku dari jajaran Coolplx.

Baca juga: Kisah Eric Yuan yang Mendirikan Zoom Setelah Idenya Ditentang Cisco

Nikon juga memberi catatan tentang beberapa persoalan yang mungkin muncul ketika menggunakan DSLR atau mirrorless sebagai webcam, misalnya temperatur kamera yang meningkat apabila dipakai berlama-lama, serta baterai yang cepat habis.

Untuk saat ini, Nikon Beta Webcam Utility baru tersedia untuk komputer dengan sistem operasi Windows 10. Aplikasi tersebut bisa diunduh di tautan berikut.

Pihak Nikon mengatakan bahwa dukungan untuk platform macOS akan menyusul di kemudian waktu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PetaPixel


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com