Xiaomi Berhenti Bikin Ponsel Android One?

Kompas.com - 10/08/2020, 15:03 WIB
Xiaomi Mi A1 cnet.comXiaomi Mi A1
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Xiaomi beberapa kali menelurkan ponsel Android One dari seri Mi A dengan sistem operasi Android "polos" tanpa tambahan antarmuka custom. Terakhir, pabrikan China ini merilis lini Mi A3 pada Agustus 2019 lalu.

Belakangan muncul kabar bahwa lini Mi A3 akan menjadi ponsel Android One terakhir Xiaomi. Penerusnya, Mi A4, tidak akan hadir karena Xiaomi konon sudah berhenti membuat smartphone Android One.

Baca juga: Android One Sudah Beredar 5 Tahun di Ponsel, Laris atau Miris?

Dugaan tersebut diperkuat dengan absennya bocoran mengenai Mi 4. Padahal, ponsel terdahulu sudah genap setahun lalu dirilis sehingga mestinya segera dilanjutkan dengan model baru, kalau memang memiliki penerus.

Proyek Android One sendiri diinisiasi oleh Google pada 2014. Tujuannya menggandeng para pabrikan smartphone supaya merilis produk dengan harga terjangkau

Ponsel-ponsel Android One menjalankan sistem operasi Android versi stock yang diperbarui secara rutin dan cepat, serta tidak dijejali bloatware alias aplikasi-aplikasi bawaan yang belum tentu berguna.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TechRadar, Senin (10/8/2020), awalnya smartphone Android One menyasar segmen entry level, kemudian naik ke papan tengah.

Baca juga: Apa Beda Proyek Ponsel Murah Android One dan Android Go?

Selain Xiaomi, pabrikan besar lain yang juga membuat ponsel Android One adalah Motorola dan Nokia. Motorola tahun ini sudah beralih menggunaakn custom UI buatan sendiri yang bernama My Ux.

Kalau Xiaomi memang benar berhenti membuat ponsel Android One, keberlanjutan program tersebut bisa dipertanyakan.  Terlebih lagi, Google juga menawarkan perangkat-perangkat dari program Android Go yang harganya lebih murah.




Sumber Tech Radar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X