Mematikan Komputer dengan Langsung Menekan Tombol Daya, Amankah?

Kompas.com - 10/08/2020, 17:08 WIB
Ilustrasi mematikan tombol power fisik di komputer Howtogeek.comIlustrasi mematikan tombol power fisik di komputer

KOMPAS.com - Pengguna PC atau laptop Windows lawas pasti akrab dengan rutinitas mematikan komputer dengan menekan tombol "Start", memilih opsi "Shut Down", kemudian menunggu pesan “It’s now safe to turn off your computer” sebelum menekan tombol daya.

Tombol power tak boleh ditekan begitu saja karena ini akan langsung mematikan aliran daya ke komputer, sama seperti mencabut kabel listik saat komputer masih menyala. Akibatnya, file OS Windows bisa rusak dan pekerjaan yang belum di-save pun tidak tersimpan. 

Apakah hal yang sama masih berlaku buat komputer modern? Jawabannya adalah tidak, karena komputer masa kini sudah dibekali dengan standar teknologi Advanced Configuration and Power Interface (ACPI) yang telah diterapkan selama lebih dari satu dekade terakhir.

Baca juga: Cara Mengecek Spesifikasi Komputer dan Laptop Windows 10

Bukannya langsung memutus aliran listrik, ketika tombol daya di komputer modern ditekan, komputer akan mengirim sinyal ke sistem operasi untuk menjalankan prosedur shut down.

Jadi pengguna tak mesti mengklik opsi "Shut Down" dari menu Start untuk mematikan komputer, melainkan bisa dilakukan dengan langsung menekan tombol power.

ACPI pun memungkinkan tombol daya dipisah menjadi tombol untuk mematikan komputer dan tombol untuk sleep, seperti yang terdapat di beberapa laptop.

Cara mengatur fungsi tombol daya

Meski demikian, tombol daya di komputer modern masih bisa digunakan untuk langsung memutus aliran daya. Ini diperlukan dalam situasi tertentu, misalnya komputer hang dan tidak bisa dimatikan secara normal.

Untuk langsung memutus daya, cukup tekan tombol power dan tahan selama beberapa detik. Cara tersebut memang kurang ideal, tetapi masih lebih baik daripada komputer tidak bisa digunakan karena sedang error.

Baca juga: Cara untuk Meningkatkan Performa PC dan Laptop Windows 10

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari How to Geek, Senin (10/8/2020), fungsi tombol daya pun bisa diubah sesuai kehendak pengguna. Misalnya, bukan menjalankan prosedur shut down, tetapi masuk ke mode hibernasi.

Opsi pengaturan fungsi tombol daya di Windows 10KOMPAS.com/ OIK YUSUF Opsi pengaturan fungsi tombol daya di Windows 10

Untuk mengubahnya, buka "Control Panel", kemudian masuk ke bagian "Hardware and Sound, lalu klik "Power Options". Di sini ada beberapa fungsi tombol daya yang dapat dipilih, tergantung konfigurasi hardware perangkat.

 



Sumber howtogeek
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X