Kilas Balik Perjalanan Samsung Galaxy Note

Kompas.com - 10/08/2020, 17:49 WIB
Galaxy Note 20 Ultra resmi diperkenalkan SamsungGalaxy Note 20 Ultra resmi diperkenalkan
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Di duna gadget, Galaxy Note dari Samsung adalah salah satu ponsel ikonik yang dikenal dengan layar berukuran besar dan aksesori pendamping berupa pena stylus S Pen.

Smartphone inilah yang kehadirannya pada 2011 mencetuskan istilah "phablet", dari gabungan "phone" dan "tablet" yang berarti ponsel dengan ukuran layar besar, mendekati tablet. Sejak itu layar besar menjadi tren di industri ponsel.

Salah satu fokus utama ini ponsel Galaxy Note adalah mendukung produktivitas pengguna dengan kinerja dan aneka fitur yang diusungnya, yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Galaxy Note kini sudah diturunkan hingga 10 generasi hingga dua model terbaru, Galaxy Note 20 dan Galaxy Note 10 Ultra. Lini ponnsel ini telah melalui perjalanan panjang selama sembilan tahun.

Berikut ini sekelumit cerita perjalanan smartphone Galaxy Note dari masa ke masa, sebagaimana dituturkan oleh Samsung dalam keterangan tertulis, Senin (10/8/2020).

Kinerja makin tinggi, kapasitas makin besar

Samsung Galaxy Note generasi pertama keluaran 2011Samsung Samsung Galaxy Note generasi pertama keluaran 2011
Galaxy Note generasi pertama ditenagai system-on-chip seri Exynos 4 yang memungkinkan multitasking dengan cara split screen, yakni membelah tampilan layar guna menjalankan dua aplikasi sekaligus untuk mendukung produktivitas pengguna.

Beberapa tahun setelahnya, pada 2015, Galaxy Note 5 menjadi ponsel yang menandai debut Exynos 7420, chip pertama di dunia yang dibuat dengan proses fabrikasi 14nm FinFET, sehingga mampu meningkatkan performa perangkat sekaligus menghemat baterai.

Galaxy Note 20 Ultra kini dibekali dengan chip Exynos 990 termutakhir dengan fabrikasi 7nm. Kinerjanya jelas meningkat, hingga kini sanggup menangani perekaman video 8K 30 FPS dan mengenali obyek foto dengan AI.

Selain system-on-chip, kapasitas memori utama (RAM) juga mengalami peningkatan seiring dengan tuntutan aplikasi dan aktivitas para pengguna.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X