Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkom Masih Cari Penyebab Gangguan IndiHome 13 Agustus

Kompas.com - 13/08/2020, 11:31 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengguna layanan Telkom IndiHome kembali ramai mengeluhkan koneksi internet yang mendadak mati. Gangguan terjadi pada Kamis (13/8/2020) sekitar pukul 10.30 WIB hingga menjelang pukul 11.00 WIB.

Menurut pantauan KompasTekno dari lini masa Twitter, laporan gangguan berasal dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk wilayah Sumatera, Jakarta, Yogyakarta, dan Sidoarjo.

Telkom mengakui sempat ada penurunan kualitas layanan di berbagai wilayah di Indonesia. Saat ini, gangguan tersebut telah diatasi dan layanan kembali pulih seluruhnya.

Menurut pihak Telkom IndiHome, gangguan terjadi secara nasional sekitar pukul 10.20 WIB.

"Penyebab masih diinvestigasi tim teknisi. Perkiraan (gangguan) berlangsung 10 menit, tapi beberapa lokasi ada yang melaporkan lebih dari 20 menit. Saat ini trafik termonitor mulai normal," ujar Vice President Customer Care Telkom IndiHome, Agus Winarno.

Baca juga: IndiHome Dilaporkan Sempat Tumbang dari Medan sampai Bandung

"Kami masih mengidentifikasi penyebab gangguan dan akan terus memantau layanan IndiHome secara keseluruhan," ujar Vice President Corporate Communication PT Telkom Arif Prabowo kepada KompasTekno melalui pesan singkat, Kamis siang.

Baca juga: IndiHome Sarankan Pelanggan Restart Modem jika Masih Alami Gangguan

Lebih lanjut, Arif mengatakan, pihaknya meminta maaf kepada pelanggan IndiHome atas gangguan yang dialami.

"Telkom senantiasa berupaya meningkatkan kualitas layanan demi menghadirkan pengalaman terbaik bagi seluruh pelanggan," imbuhnya.

Gangguan serupa juga pernah terjadi sebelumnya pada Juli lalu. Kala itu, terjadi gangguan transmisi yang mengakibatkan penurunan kualitas layanan.

Baca juga: Pelanggan IndiHome Keluhkan Susahnya Proses Berhenti Berlangganan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com