Ponsel Android Lipat Microsoft Surface Duo Rilis September, Ini Harganya

Kompas.com - 13/08/2020, 11:59 WIB
Smartphone Microsoft Surface Duo theverge.comSmartphone Microsoft Surface Duo
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Setelah diperkenalkan pada Oktober 2019 lalu, Microsoft kini telah mengumumkan bahwa ponsel lipat Android buatannya, Surface Duo, akan meluncur pada September mendatang.

Berbeda dari ponsel-ponsel lipat dari pabrikan lain yang umumnya mengandalkan teknologi layar fleksibel, Surface Duo menggunakan dua layar terpisah yang disatukan dengan engsel di bagian tengah.

Chief Product Officer Microsoft, Panos Panay mengatakan bahwa Surface Duo hadir untuk mendukung produktivitas pengguna melalui ponsel dengan tampilan layar ganda.

Baca juga: Microsoft Bikin Ponsel Lipat Android Surface Duo

"Surface Duo merupakan visi kami untuk menciptakan ponsel yang dapat mendukung produktivitas. Perangkat dengan tampilan dua layar ini memiliki ukuran yang pas ketika dimasukkan ke dalam saku," kata Panay.

Kedua layar Surface Duo masing-masing memiliki panel OLED berdiagonal 5,6 inci dengan resolusi 1.800 x 1.350 piksel (aspect ratio 4:3). Ketika perangkat dibentangkan, dua layar ini menyediakan area display seluas 8,1 inci (2.700 x 1.800 piksel, aspect ratio 3:2).

Ponsel lipat Surface Duo saat difungsikan seperti laptop, berikut stylus Surface PenMicrosoft Ponsel lipat Surface Duo saat difungsikan seperti laptop, berikut stylus Surface Pen
Layar Surface Duo ikut dilapis kaca pelindung Gorilla Glass dan dirancang untuk bekerja layaknya komputer desktop yang memiliki dua monitor. Salah satu layar bisa juga dipakai sebagai "monitor" dalam orientasi landscape, dan layar lain sebagai keyboard seperti laptop.

Karena terdiri dari dua layar terpisah, Panay menyebutkan bahwa aplikasi Android apapun bisa langsung berjalan di Surface Duo tanpa butuh modifikasi.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Kamis (13/8/2020), Surface Duo turut mendukung aksesori pena bernama Surface Pen yang juga digunakan oleh perangkat Surface lain seperti Surface Pro.

Dari segi hardware, ponsel ini ditenagai chip Qualcomm Snapdragon 855 dengan kapasitas RAM dan media penyimpanan 6 GB/256 GB.

Untuk aspek fotografi, Surface Duo hanya memiliki satu kamera utama dengan sensor 11 MP (f/2.0) dan turut dibekali beberapa fitur seperti auto modes for low light, HDR multi-frame, 7x super zoom, dan perekaman video 1080p (30fps/60fps) dan 4K.

Baca juga: Microsoft Ungkap Waktu Peluncuran Xbox Series X

Dengan baterai berkapasitas 3.577 mAh, Microsoft mengklaim bahwa ponsel ini dapat digunakan untuk pemutaran video hingga 15,5 jam, dan waktu pemakaian saat panggilan suara selama 27 jam

Meski demikian, sayangnya Surface Duo belum mendukung jaringan 5G dan fitur NFC.

Aplikasi seperti Microsoft Teams dan PowerPoint juga dioptimalkan untuk memungkinkan pengguna ketika melakukan video call sembari melihat slide presentasi secara bersamaan.

Di Amerika Serikat, Surface Duo akan diluncurkan pada tanggal 10 September mendatang.
Harganya 1.399 dollar AS atau sekitar Rp 20,7 juta.

 



Sumber The Verge
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X