Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/08/2020, 15:07 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber CNET

KOMPAS.com - Pada 5 Agustus lalu, Samsung secara resmi meluncurkan ponsel terbarunya, yakni Galaxy Note 20 series lewat acara Galaxy Unpacked yang digelar secara online.

Galaxy Note 20 dan Galaxy Note 20 Ultra hadir dengan membawa serangkaian fitur baru bagi pengguna. Misalnya S Pen yang kini memiliki latency hanya 9ms dan bisa digunakan sebagai pengendali ponsel lewat gestur di udara.

Ada pula fitur Audio Bookmark pada S Pen Galaxy Note 20 seriesi yang memungkinkan pengguna untuk mencatat di Samsung Notes sekaligus merekam audio.

Baca juga: Melihat Isi Boks Samsung Galaxy Note 20 Ultra Versi Indonesia

Sektor kamera tak lupa dirombak dan kini memiliki resolusi tinggi hingga 108 MP dan kemampuan zoom hingga 50x.

Selain itu, Galaxy Note 20 series juga memiliki serangkaian fitur lain yang tersembunyi dan mungkin jarang diketahui oleh para pengguna. Berikut ini tujuh fitur dimaksud, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Cnet, Rabu (12/8/2020).

1. Refresh rate hingga 120Hz

Galaxy Note 20 dan Galaxy Note 20 Ultra mengusung spesifikasi yang serupa. Namun varian Note 20 Ultra memiliki spesifikasi yang lebih ditingkatkan, seperti komponen layar yang memiliki refresh rate 120 Hz.

Galaxy Note 20 Ultra akan menjalankan mode refresh rate 60Hz dalam pemakaian normal.

Namun, dengan mengaktifkan Adaptive Motion Smoothness di menu Settings, refresh rate tersebut akan berubah secara otomatis menjadi 120Hz apabila ponsel mendeteksi adanya kegiatan intens, seperti ketika menggulir e-mail atau laman web yang panjang.

Baca juga: Mengenal Gerakan dan Fungsi Baru Air Action di S Pen Galaxy Note 20 Series

Sebagai catatan, fitur ini akan mengonsumsi lebih banyak daya baterai. Sebab, semakin tinggi angka refresh rate, maka semakin besar pula daya yang dibutuhkan.

Sebaliknya, pengguna dapat memilih opsi Standard jika ingin konsumsi daya baterai ponsel lebih hemat.

2. Alarm S Pen

Salah satu ciri khas yang dimiliki lini Galaxy Note adalah stylus S Pen. Aksesori ini telah menjadi pendamping setia lini Galaxy Note sejak pertama kali dirilis Samsung.

Kini pena digital tersebut kembali hadir pada Galaxy S20 series. Seperti pendahulunya, S Pen pada Galaxy Note 20 series memiliki ukuran yang kecil, sehingga beresiko dapat hilang atau terselip di antara tumpukan benda.

Untuk meminimalisir kemungkinan ini, Samsung menyediakan fasilitas alarm di ponsel yang akan berbunyi apabila S Pen sedang dikeluarkan dan berada terlalu jauh dari smartphone.

Halaman:
Sumber CNET


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com