Drama Fortnite vs Apple-Android, Ini "Kerugian" yang Harus Diketahui Gamer

Kompas.com - 14/08/2020, 12:12 WIB
ilustrasi game Fortnite slashgear.comilustrasi game Fortnite
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Apple baru saja memutuskan untuk "menendang" aplikasi game populer besutan Epic Games, Fortnite, dari toko aplikasi iOS, App Store.

Selang beberapa jam kemudian, langkah yang sama ditempuh Google, di mana game tersebut ikut diblokir dari toko aplikasi Android, Play Store dan dikonfirmasi oleh akun resmi @FortniteGame di Twitter.

Karena game tersebut dihapus dari App Store dan Google Play Store, pemain baru yang ingin menginstal Fortnite pun tak akan bisa menemukan game tersebut di kedua toko aplikasi tersebut.

Namun, pengguna ponsel Android masih bisa menginstal Fortnite dari aplikasi Epic Games yang bisa diunduh di tautan berikut, atau langsung mengunjungi Samsung Galaxy Store (khusus pengguna smartphone Samsung).

Di sisi lain, pengguna baru Fortnite yang ingin memasang game tersebut di perangkat iOS harus menunggu sampai "drama" antara Epic Games dan Apple terselesaikan.

Nasib pengguna yang sudah instal Fortnite

Pengguna Android dan iOS yang sebelumnya telah memasang Fortnite di smartphone mereka sejatinya bisa memainkan game tersebut tanpa ada kendala. Namun, ada beberapa hal yang harus pengguna ketahui. 

Pertama, apabila Fortnite yang terpasang berasal dari App Store atau Play Store maka mereka untuk saat ini tidak bisa membeli "uang" dalam game (in-game currency) yang dijuluki "V-Bucks".

Ketika KompasTekno mencoba untuk membeli V-Bucks di Fortnite versi Android (Play Store), jendela error pun akan muncul dan menginformasikan bahwa pemain saat ini belum bisa membeli V-Bucks. Begini ilustrasinya.

Jendela Error yang bakal muncul ketika pemain membeli V-Bucks di Fortnite versi Android.KOMPAS.com/Bill Clinten Jendela Error yang bakal muncul ketika pemain membeli V-Bucks di Fortnite versi Android.
Meski demikian, pemain masih bisa membeli V-Bucks via aplikasi Fortnite di sejumlah platform selain Android dan iOS, seperti PlayStation 4, Xbox One, Nintendo Switch, hingga PC.

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X