Fortnite Ditendang dari App Store, Epic Games Bikin Video Sindir Apple

Kompas.com - 14/08/2020, 20:02 WIB
Tangkapan layar karakter Fortnite di video Ninteen Eighty-Fortnite. Youtube/ForniteTangkapan layar karakter Fortnite di video Ninteen Eighty-Fortnite.

KOMPAS.com - Salah satu game populer besutan Epic Games, Fortnite baru-baru ini dihapus dari toko aplikasi App Store (iOS) dan Play Store (Android).

Apple dan Google "menendang" Fortnite dari toko aplikasinya masing-masing lantaran Epic Games melanggar kebijakan perusahaan. Kebijakan yang dilanggar adalah kemunculan opsi pembayaran tambahan untuk transaksi di dalam game (in-game purchase).

Sebagai tanggapan atas pemblokiran game besutannya, Epic Games membuat sebuah video parodi pendek bertajuk Nineteen Eighty-Fortnite.

Video yang sempat ditayangkan secara perdana (premiere) di dalam game Fortnite beberapa jam lalu ini terlihat sangat mirip dengan iklan ikonik Apple yang memperkenalkan komputer Macintosh generasi pertamanya pada 1984 silam.

Baca juga: Fortnite Dihapus dari App Store, Epic Games Tuntut Apple

Salah satu kanal YouTube dengan nama CNET Highlights pun mengunggah sebuah video untuk melihat dengan jelas kemiripannya. Begini penampakan kedua video tersebut.

Seperti bisa dilihat pada video berdurasi kurang dari 1 menit tersebut, suasana dan segala elemen dan karakter yang tampil di dalam video tampak identik dengan iklan Apple.

Iklan Apple sendiri, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TheVerge, Jumat (14/8/2020),  sebenarnya mengacu pada sebuah novel fiksi buatan George Orwell, dengan judul Nineteen Eighty-Four.

Novel tersebut dirilis sekitar tahun 1949 dan menceritakan keadaan buatan (distopia) pada 1984, di mana pemerintah berlaku sewenang-wenang dan membatasi kebebasan masyarakat.

Di dalam video Apple, seorang pemberontak menghancurkan layar yang menampilkan rezim otoriter tengah berpidato, dan mengakhirinya dengan pernyataan bahwa tahun 1984 tidak akan seperti (novel) 1984, mungkin karena ada komputer Macintosh. 

Baca juga: Drama Fortnite vs Apple-Android, Ini Kerugian yang Harus Diketahui Gamer

Sedangkan, video buatan Epic Games dengan judul yang nyaris sama menampilkan sebuah karakter Fortnite yang turut menghancurkan layar untuk memberontak pihak yang berkuasa. 

Halaman:


Sumber The Verge
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X