Pertimbangan Samsung Sematkan "Fast Charging" 25W di Galaxy Note 20 Ultra

Kompas.com - 15/08/2020, 14:14 WIB
Samsung menyertakan aksesori pelengkap berupa Adaptive Fast Charger 25 watt, kabel USB A ke USB C, earphone, SIM card ejector tool, serta buku panduan singkat KOMPAS.com/ OIK YUSUFSamsung menyertakan aksesori pelengkap berupa Adaptive Fast Charger 25 watt, kabel USB A ke USB C, earphone, SIM card ejector tool, serta buku panduan singkat
|

KOMPAS.com - Samsung resmi memperkenalkan Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra pekan lalu. Duo smartphone flagship ini menjadi penerus dari Galaxy Note 10 Series.

Keduanya membawa perubahan yang signifikan, khususnya pada sektor perangkat keras. Namun, ada satu hal yang justru di-downgrade oleh Samsung, yakni kapasitas pengisi daya cepat.

Samsung memberikan dukungan fast charging 45W di Galaxy Note 10 Plus. Sedangkan Galaxy Note 20 Ultra hanya mendukung teknologi pencasan cepat 25W. Padahal, keduanya sama-sama model teratas.

Head of IM Product Marketing Samsung Indonesia, Denny Galant, menjelaskan alasan  Samsung hanya memberi dukungan fast charging 25W di Galaxy Note 20 Ultra.

Menurutnya, hal tersebut berkaitan dengan chipset yang digunakan di Galaxy Note 20 Ultra.

Galaxy Note 20 Ultra mengandalkan chipset Exynos 990 yang memiliki peningkatan dibandingkan Exynos 9825 di Galaxy Note 10 Plus.

Denny mengatakan, Exynos 990 memiliki manajemen daya yang lebih baik sehingga meski kapasitas pengisi dayanya cukup 25W, kecepatan untuk mengisi baterai hingga penuh masih tetap sama.

"Dari Note 10 Plus ke Note 20 Ultra, salah satu yang harus diperhatikan yang berbeda adalah chipset-nya. Note 20 Ultra menggunakan Exynos 990. Nah, di sini kami lihat juga ada aspek AI yang mempengaruhi," kata Denny kepada KompasTekno, Kamis (13/8/2020).

Denny mengklaim, meski 25W, kemampuan pengisian dayanya justru meningkat. Perangkat pun bisa mengenali pola pemakaian pengguna sehingga dapat melakukan manajemen daya yang lebih baik.

"Meskipun kapasitas wired charging yang lebih kecil, tapi dari sisi kecepatan, bisa maintain. Manajemen dayanya justru meningkat," pungkas Denny.

Baca juga: Galaxy Note 20 Ultra Cuma Dibekali RAM 8 GB, Samsung Menjelaskan

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X