Di Galaxy Note 20, Samsung DeX Bisa Tersambung ke TV Tanpa Butuh Kabel

Kompas.com - 16/08/2020, 19:22 WIB
Fitur Samsung DeX pada Galaxy Note 20 Ultra FutureFitur Samsung DeX pada Galaxy Note 20 Ultra

KOMPAS.com - Hadir sebagai ponsel flagship generasi terbaru Samsung, Galaxy Note 20 Series meluncur dengan sejumlah peningkatan, termasuk juga untuk fitur DeX yang kini bisa digunakan secara nirkabel

Artinya, pengguna Galaxy Note 20 dapat meneruskan tampilan ponsel pada monitor ataupun televisi tanpa harus menyambungkan keduanya dengan kabel. Syaratnya, layar yang digunakan mesti mendukung teknologi  wireless Miracast. 

Samsung DeX sendiri merupakan sebuah fitur yang mampu menyulap Galaxy Note 20 series menjadi layaknya PC. Kemampuan ini cocok bagi pengguna yang ingin memanfaatkan ponsel menjadi serupa komputer, misalnya untuk melakukan presentasi.

Baca juga: 7 Peningkatan Galaxy Note 20 Ultra Dibanding Note 10 Plus

Untuk menghubungkan Galaxy Note 20 series ke televisi atau monitor, terlebih dahulu aktifkan opsi Screen Mirroring di layar yang akan disambungkan.

Kemudian, tarik notification bar di Gaalxy Note 20 ke arah bawah, lalu pilih opsi Dex di panel Quick Settings. Perangkat kemudian akan mendeteksi layar yang bisa tersambung. Setelah sinkronisasi ponsel, televisi atau monitor akan menampilkan antarmuka dari ponsel.

Galaxy Note 20 sendiri bisa berfungsi sebagai "touchpad" untuk mengendalikan tampilan di layar TV dengan memilih opsi “Use phone as touchpad" di notification bar.  Pengguna bisa memakai jari atau stylus S pen untuk navigasi.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno, Minggu (16/8/2020), Langkah-langkah selengkapnya untuk memanfaatkan fitur Samsung DeX secara nirkabel di Galaxy Note 20 Series dapat disimak di situs Samsung di tautan berikut.

Meski mungkin mirip, DeX sebenarnya berbeda dari proses Screen Mirroring. Tampilan DeX di TV bukan sekadar menduplikasi apa yang ada di layar ponsel dalam ukuran yang lebih besar.

Baca juga: Pertimbangan Samsung Sematkan Fast Charging 25W di Galaxy Note 20 Ultra

Pengguna DeX bisa menjalankan beberapa aplikasi, mengatur ukuran window, hingga menggunakan shortcut keyboard dan fungsi klik kanan pada mouse.

Pengguna juga bisa melihat notifikasi yang masuk ke ponsel lewat layar televisi. Sementara, ponselnya sendiri bisa tetap digunakan seperti biasa selagi menjalankan layar. Ketimbang mirroring, pengalaman memakai DeX pun lebih mirip dengan menggunakan dua layar di PC.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X